Dampak Minum banyak minum air putih

Fresh clean water wave

Udahketemu.com- Tips Hidup saat ini mengenai dampak Minum Air putih untuk tubuh anda

Berapa Banyak Air yang Dibutuhkan?

Setiap hari tubuh kehilangan air melalui napas, keringat, urine, dan buang air besar. Agar tubuh dapat berfungsi dengan baik, kamu harus tetap menjaga kadar normal air dengan mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung air. Lantas, berapa banyak air yang dibutuhkan oleh tubuh?

Menurut The National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine A.S, tubuh membutuhkan asupan cairan sebanyak:

Sekitar 15,5 cangkir (3,7 liter) air per hari untuk pria.
Sekitar 11,5 cangkir (2,7 liter) air per hari untuk wanita.

Rekomendasi ini mencakup cairan dari air, minuman, dan makanan yang dikonsumsi. Namun, hanya sekitar 20 persen asupan cairan harian yang berasal dari makanan. Sisanya diperoleh dari minuman.

Baca juga  10 fakta menarik tentang Lee Sung Kyung, si cantik yang mirip Barbie

Dampak Terlalu Banyak Minum Air Putih

Terlalu banyak minum air membuat risiko keracunan atau gangguan fungsi otak semakin tinggi. Sel-sel otak akan membengkak dan menyebabkan tekanan di dalam otak. Gejalanya meliputi kebingungan, kantuk, dan sakit kepala. Jika tekanannya meningkat, seseorang berisiko terkena hipertensi atau penurunan detak jantung.

Ketika terlalu banyak minum air putih, kadar natrium dalam tubuh akan terpengaruh. Padahal, natrium adalah elemen penting yang membantu menjaga keseimbangan cairan yang masuk dan keluar sel. Hal tersebut menyebabkan kondisi yang disebut hiponatremia.

Ketika kadarnya turun karena jumlah air yang terlalu tinggi, cairan akan masuk ke dalam sel. Cairan kemudian memicu pembengkakan sel, sehingga pengidapnya berisiko mengalami kejang, koma, bahkan sekarat. Lantas, apa saja gejala yang muncul akibat dampak terlalu banyak minum air putih?

Baca juga  Manfaat dari asuransi yang bisa kita gunakan

Perubahan warna urine. Urine yang sehat akan berwarna kuning cerah. Jika urine berubah warna menjadi bening atau jernih, itu tanda jika kamu terlalu banyak minum air.

Sering ke toilet. Sering berkemih menjadi tanda jika kamu terlalu banyak minum air. Rata-rata orang hanya buang air kecil sebanyak 6-8 kali sehari.
Kelelahan atau kelemahan. Minum terlalu banyak air menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras untuk membuang kelebihan cairan.

Mual atau muntah. Kondisi ini terjadi akibat ginjal tidak dapat mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh. Selain mual dan muntah, pengidap bisa saja mengalami diare.
Otot lemah yang mudah kram. Ketika kadar elektrolit turun akibat terlalu banyak minum air, keseimbangan tubuh akan menurun. Rendahnya kadar elektrolit dalam tubuh menyebabkan kejang otot dan kram.

Baca juga  Motorola meluncurkan model smartphone Razr dengan konsep baru dan termutakhir seharga Rp 21 Juta