Rapat Menurut Samsir Rambe

Ilustrasi Rapat

UDAHKETEMU.COM, FAKTA- Menurut KBBI, rapat adalah pertemuan (kumpulan) untuk membicarakan sesuatu, sidang, majelis. Sedangkan diskusi ialah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai sesuatu masalah.

Dalam buku Etika Komunikasi Kantorkarangan Samsir Rambe, rapat adalah kumpulan beberapa orang atau organisasi yang akan membicarakan suatu masalah atau kepentingan bersama untuk memberikan penjelasan, memecahkan suatu persoalan dan sekaligus mengadakan perundungan demi memperoleh suatu hasil yang disepakati atau disetujui bersama.

Dalam buku Surat Menyurat dan Komunikasi karangan Cut Rozanna, rapat adalah pertemuan antara para anggota di lingkungan organisasi sendiri untuk merundingkan atau menyelesaikan suatu masalah yang menyangkut kepentingan bersama.

Dalam buku Etika Komunikasi Kantor karya Ig. Wursanto, diuraikan bahwa rapat adalah suatu bentuk media komunikasi kelompok yang bersifat tatap muka yang sering diselenggarakan oleh banyak organisasi, baik swasta maupun pemerintah.

Baca juga  Fakta Tentang CEO Startup Ojol yang dimutilasi Asistennya Sendiri

Rapat seringkali disebut alat untuk mendapatkan mufakat, melalui musyawarah kelompok. Rapat juga merupakan media pengambilan keputusan secara musyawarah untuk mufakat. Rapat adalah komunikasi kelompok secara resmi. Secara singkat, rapat adalah pertemuan para anggota organisasi/para pegawai untuk membahas hal-hal untuk mencapai mufakat yang berkaitan dengan kepentingan organisasi.