FUNGSI AKUNTANSI PADA BISNIS

FUNGSI AKUNTANSI PADA BISNIS

Apa Fungsi Akuntansi pada Bisnis?
Akuntansi membantu Anda merencanakan pertumbuhan
Setiap perjalanan besar dimulai dengan peta jalan. Saat Anda merencanakan pertumbuhan perusahaan Anda, penting untuk menetapkan tujuan. Seperti apa seharusnya keuntungan Anda satu tahun dari sekarang? Bagaimana dalam lima tahun?

Laporan keuangan memungkinkan Anda menilai dengan tepat seberapa cepat bisnis Anda berkembang. Tanpa laporan keuangan yang akurat, Anda mungkin tergoda untuk menggunakan metrik yang mudah seperti “pertumbuhan penjualan”, yang tidak memberi Anda gambaran keuangan lengkap.

Apakah harga pokok penjualan Anda meningkat? Apakah margin keuntungan lebih tipis? Apakah tujuan pertumbuhan Anda masuk akal? Tanpa laporan keuangan, Anda tidak akan memiliki jawaban yang objektif.

Baca juga  Mengenal Fitur Aplikasi Accurate Online

Akuntansi sangat penting untuk mengamankan pinjaman
Laporan keuangan terkini menunjukkan posisi perusahaan Anda. Mereka penting jika Anda ingin mendanai bisnis kecil Anda dengan pinjaman.

Misalnya, Anda ingin mengajukan pinjaman melalui salah satu bank besar. Anda harus menyediakan, rata-rata, tiga tahun laporan keuangan, ditambah proyeksi arus kas satu tahun. Hampir tidak mungkin untuk mengirimkan semua ini jika Anda tidak memiliki sistem accounting.
Anda memerlukan akuntansi untuk mendapatkan investor atau menjual bisnis Anda
Anda mungkin tidak berencana untuk mengadili investor atau menjual bisnis Anda sekarang. Tapi itu ide yang baik untuk membiarkan pilihan Anda terbuka. Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menerapkan sistem akuntansi yang tepat sekarang.

Baca juga  PENGERTIA PERTEMUAN/RAPAT

Calon investor atau pembeli akan mengharapkan catatan akuntansi yang membuktikan bisnis Anda menguntungkan dan di jalur untuk pertumbuhan. Catatan ini harus disediakan oleh CPA.

Akuntansi membantu Anda mendapatkan bayaran
Ketika pelanggan berutang uang kepada Anda, itu muncul sebagai Piutang Usaha (AR) di neraca Anda. Ini disiapkan oleh software akuntansi atau akuntan Anda.

Neraca memberi tahu Anda berapa banyak AR yang telah Anda kantongi selama sebulan, dan berapa banyak yang masih terutang.

Dengan mengacu pada neraca Anda, Anda dapat melacak seberapa efektif Anda mengumpulkan pembayaran. Kemudian Anda dapat menerapkan proses—tenggat waktu pembayaran yang lebih sulit, atau tindak lanjut yang lebih baik dengan klien—untuk memastikan Anda mendapatkan uang yang Anda peroleh saat Anda membutuhkannya.

Baca juga  PERKEMBANGAN PENELITIAN AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK INDONESIA

Proses akuntansi yang solid memberi Anda catatan keuangan yang lengkap dan akurat, yang mengurangi risiko Anda melanggar undang-undang perpajakan. Dan, ketika Anda memiliki akuntan yang mengajukan pajak untuk Anda, Anda dapat yakin bahwa itu akan dilakukan secara akurat dan tepat waktu.