Kegunaan Akuntasi Dalam Kegiatan Bisnis

Kegunaan Akuntasi Dalam Kegiatan Bisnis

Beberapa orang mengakui bahwa akuntansi adalah bahasa bisnis. Tetapi apa sebenarnyaakuntansi itu? Seberapa pentingnya akuntansi terhadap bisnis? Di dalam artikel ini, sayamencoba untuk mengulas beberapa informasi yang mungkin dapat berguna bagi kita. Akuntansisendiri adalah merupakan suatu proses yang mengidentifikasi data keuangan, pencatatan, dansebagai hasil akhirnya, laporan keuangan.

Ada sedikit perbedaan antara akuntansi dan pembukuan. Pembukuan adalah sebenarnya bagian dari akuntansi yaitu proses pencatatannyasaja. Sedangkan akuntansi mencakup juga identifikasi dan komunikasi.Laporan keuangan adalahhasil akhir dari proses akuntansi. Termasuk didalamnya : laporan rugi/laba, laporan perubahanmodal, neraca, dan laporan arus kas (lihat contoh). Rugi/laba digunakan untuk memberikangambaran mengenai kinerja keuangan perusahaan, sedangkan neraca mengidentifikasi posisikeuangan perusahaan. Posisi keuangan dalam hal ini adalah posisi harta, hutang, dan modal.Tujuan laporan keuangan adalah memberikan informasi kepada pihak-pihak tertentu yangmenyangkut posisi, kinerja, dan perubahan posisi keuangan sehingga bermanfaat sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomi/bisnis.

Baca juga  NILAI WAKTU DAN UANG DALAM PANDANGAN EKONOMI ISLAM

Indonesia, seperti banyak negara lain, perekonomiannya didominasi oleh perusahaanmenengah dan kecil yang masih belum terlalu menyadari sepenuhnya kegunaan akuntansi.Secara garis besar, sebuah toko dapat menentukan keadaan keuangannya. Jika menguntungkan,stok barang akan bertambah banyak dan sebaliknya. Tetapi jika ada yang bertanya berapakeuntungan sebenarnya, mereka tidak dapat mengetahuinya. Keadaan seperti ini banyak sekalidijumpai di mana-mana, tidak hanya di Indonesia. Jika memang ada diterapkan suatu sistemakuntansi, biasanya hanyalah untuk sebuah formalitas.