KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Kegiatan pembelajaran dengan bantuan komputer atau lebih dikenal sebagai
Computer Based Instruction (CBI)
merupakan istilah umum untuk segala kegiatan belajar yang menggunakan komputer, baik sebagian maupun secara keseluruhan. (Rahmat Setiadi dan Akhril Agus 2000 :3 ).Pembelajaran Berbasis Komputer (CBI) adalah sebuah konsep baru yangsampai saat ini banyak jenis desain dan implementasinya, tentunya dalam dunia pendidikan dan pembelajaran. Kondisi ini muncul sebagai wujud nyata dariglobalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dewasa ini, CBI telah berkembangmenjadi berbagai model dimulai dari CAI
(Computer Assisted Instruction),
kemudian mengalami perbaikan menjadi
ICAI ( Intelligent Computer Assisted Instruction )
, dengan dasar orientasi aktifitas yang berbeda muncul pula
CAL(Computer Assisted Learning),

Baca juga  AKUNTANSI PENURUNAN NILAI ASET

CBL (Computer Based Learning ), CAPA ( Computer Assisted Personalized Assigment ), dan ITS ( Intelligent Tutoring System )
.Secara umum bahan belajar ini menjelaskan tentang makna komputer sebagaisalah satu media dalam pembelajaran dan penyusunan bahan belajar berbasis
Komputer dan Media Pendidikan di Sekolah Dasar

komputer. Oleh karena itu, setelah mempelajari bahan belajar ini, secara khususAnda diharapkan dapat:1.

Menjelaskan komputer sebagai salah satu media dalam pembelajaran2.

Menyusun bahan belajar berbasis komputer3.

Menghasilkan karya bahan belajar berbasis komputerUntuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut, bahan ajar mandiri inidiorganisasikan menjadi dua sub unit sebagai berikut.Sub unit 1 : Komputer sebagai media pembelajaran Sub unit 2 : Penyusunan bahan belajar berbasis komputerAgar Anda dapat menguasai isi bahan belajar ini secara maksimal, sebaiknyaAnda perhatikan beberapa petunjuk berikut ini.1.

Baca juga  PENGERTIAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN MANFAAT DALAM USAHA SET ALAT MAKAN "STUFFTALKS"

Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan ini, sampai Anda mempunyaigambaran kompetensi yang harus dicapai, dan ruang lingkup isi bahan belajarmandiri ini.2.

Baca dengan cermat bagian demi bagian, dan tandailah konsep-konsep pentingnya.3.

Segeralah membuat rangkuman tentang hal-hal pokok yang terkandung dalam bahan belajar ini.4.

Untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang isi bahan belajar mandiri ini,tangkaplah konsep-konsep penting dengan cara membuat pemetaanketerhubungan antara konsep yang satu dengan konsep lainnya.5.

Untuk memperluas wawasan Anda, bacalah sumber-sumber lain yang relevan baik dari media cetak maupun dari media elektronik.6.

Untuk mengetahui sampai sejauh mana pemahaman Anda tentang isi bahan ajarini, cobalah untuk menjawab soal-soal latihan secara mandiri, kemudian lihatkunci jawabannya.7.

Baca juga  PENGERTIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SECARA UMUM

Apabila ada hal-hal yang kurang dipahami, diskusikanlah dengan teman sejawatatau catat untuk bahan diskusi pada saat tutorial.