Fakta Unik Blackpink, Girl Group yang Popularitasnya Melonjak Naik

Fakta Unik Blackpink, Girl Group yang Popularitasnya Melonjak Naik

BLACKPINK atau BLΛƆKPIИK (Hangul: 블랙핑크) merupakan girl group yang berada dibawah naungan YG Entertainment. Senior dari BLACKPINK yang juga berada dibawah naungan YG Entertainment adalah Big Bang, 2NE1, PSY, iKON, Winner, dan masih banyak lagi.

BLACKPINK telah debut pada 8 Agustus 2016, yang beranggotakan empat orang gadis yaitu Jennie, Rosé, Jisoo, dan Lisa. 

Berikut fakta uniknya.

  1. Terkenal sebelum debut

Sebelum debut, BLACKPINK sangat dinantikan oleh para peminat K-Pop. Pasalnya, agensi yang menaungi BLACKPINK, YG Entertainment sudah membocorkan mengenai grup ini sejak tahun 2012. Dulunya, anggota yang ditetapkan sebagai member hanya Jennie saja. Dan sejak tahun 2012, Jennie sudah dikenalkan pada masyarakat sebagai bakal calon girl group YG Entertainment, tetapi belum ada informasi lebih lanjut tentang nama grup, konsep, dan jumlah anggotanya. Jennie pun sudah diberikan proyek solo oleh YG Entertainment. Namun sayangnya, setelah bertahun-tahun lamanya masih belum ada kabar yang jelas. Padahal sebelumnya, Yang Hyun-suk (pendiri YG Entertainment) berkata pada publik bahwa Jennie akan segera debut. Namun ternyata, Yang Hyun-suk hanya sedang menyeleksi gadis-gadis lainnya untuk ditempatkan di grup yang sama dengan Jennie. Akan tetapi, akhirnya BLACKPINK baru debut pada tahun 2016. Awalnya girl group BLACKPINK hanya beranggotakan tiga member yang terdiri dari Jennie, Jisoo, dan Lisa. Member bernama Jennie dan Jisoo berasal dari Korea Selatan, sedangkan Lisa adalah orang Thailand. Pada detik-detik terakhir pembentukan grup, Rosé bergabung menjadikan BLACKPINK sebagai girl group dengan empat anggota. Rosé adalah orang Korea Selatan, tapi selama ini dia tinggal di Australia. Pada saat akan debut, YG Entertainment merilis foto member BLACKPINK satu persatu dan juga merilis concept photo untuk debut. Orang-orang sangat menantikan bagaimana kiranya BLACKPINK ini, karena melihat foto-fotonya saja sudah sangat menarik dan unik. Saat setelah debut, lagu BLACKPINK langsung digemari dan popularitas mereka pun semakin meningkat.

  • BLACKPINK merupakan girlgroup kedua dari YG Entertainment
Baca juga  10 fakta tentang Park Shin Hye, ratu drama yang mempesona

Fakta BLACKPINK, mereka adalah girl group ke-2 yang pernah YG Entertainment debutkan. Pertama, yaitu 2NE1, dan yang kedua adalah BLACKPINK. YG Entertainment memang terkenal lebih sering mendebutkan grup laki-laki daripada perempuan. Bisa dilihat, jangka waktu debut antara 2NE1 dan BLACKPINK saja sangat jauh, yaitu sekitar 7 tahun.

  • Makna dari Nama “BLACKPINK”

Umumnya, girl group di Korea Selatan berkonsep cute, girlie,  seksi. Namun, BLACKPINK hadir dengan tema yang berbeda. Pada mulanya, label dari The Black (independent sub-label YG Entertainment yang dikepalai oleh produser Teddy) mengadakan audisi untuk member grup BLACKPINK pada tahun 2015 – 2016. Label dari The Black mengambil trainee dari daftar trainee YG. Dapat diambil kesimpulan bahwa konsep BLACKPINK ini merupakan campur tangan dua label, yaitu YG dan The Black Label. Asal usul nama “BLACKPINK” merupakan kesatuan dari dua warna yang sifatnya bertolak belakang. Pink identik dengan sesuatu yang cute, manis, imut, inosen, dan lain-lain. Sedangkan Black identik dengan sesuatu yang misterius, seksi, kuat, penuh emosi, dan sebagainya. Nah, BLACKPINK bermakna bahwa keempat gadis ini bisa jadi cute namun bisa jadi misterius juga.

Baca juga  Fakta Menarik Seputar Sakura Miyawaki IZ*ONE


4. Girl group BLACKPINK tidak Memiliki Leader


Umumnya, hampir semua grup di Korea Selatan terdiri dari posisi tertentu. Posisi paling penting adalah posisi leader alias pemimpin. Tugas leader adalah memimpin grupnya ketika mempromosikan lagu mereka. Leader juga bertugas sebagai “penengah” antara manajemen dan grup. Akan tetapi, grup dari BLACKPINK tidak ada posisi seperti itu. Selanjutnya, Fakta BLACKPINK adalah mereka tidak memiliki leader. Alasan BLACKPINK tidak memiliki status seperti itu karena mereka semua sudah bersama sejak lama (me-refer pada saat training), sehingga mereka sudah merasa sangat dekat. Untuk itu, mereka memutuskan untuk tidak punya leader.