AKUNTANSI PENURUNAN NILAI ASET

AKUNTANSI PENURUNAN NILAI ASET

 

Indikasi Penurunan Nilai Aset

Entitas harus menilai pada setiap tanggal pelaporan aakah terdapat indikasi bahwa ada aset yang turun nilainya. Jika indikasi tersebut ada, entitas harus mengestimasi nilai wajar dikurangi dengan biaya untuk menjual aset tersebut. Jika tidak terdapat indikasi penurunan nilai, tidak diperlukan untuk mengestimasi nilai wajar dikurangi biaya untuk menjual. Bab ini menggunakan istilah aset secara individu tapi dalam situasi tertentu nilai wajar dikurangi biaya untuk menjual.

Dalam menilai apakah terdapat indikasi bahwa aset kemungkinan diturunkan nilainya, entitas harus memperhitungkan setidaknya indikasi-indikasi berikut :

Sumber Informasi Eksternal

Selama periode tertentu, nilai pasar aset menurun secara signifikan lebih dari yang diekspetasikan akibat berlalunya waktu atau penggunaan normal.
Terjadi perubahan yang signifikan dengan pengaruh negatif dalam periode tertentu atau dalam waktu dekat dalam bidang lingkungan teknologi, pasar, ekonomi atau hukum diman entitas beroperasi atau dalam pasar dimana aset tersebut diperuntukkan.
Tingkat suku bunga pasar atau tingkat kembalian investasi pasar mengalami kenaikan selama periode berjalan, dan kenaikan tersebut akan berpengaruh secara material terhadap tingkat diskonto untuk menghitung nilai aset dan menurunkan nilai wajar aset dikurangi biaya untuk menjual.
Jumlah tercatat dari aset bersih entitas lebih besar dibandingkan kapitalisasi pasarnya.

Baca juga  Dua puluh tahun riset perpajakan dalam akuntansi: Suatu studi bibliografi
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Tolong dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan ini.
Powered By
100% Free SEO Tools - Tool Kits PRO
Please turn AdBlock off