3 Cara Utama menjadi manajer yang baik dan sukses

3 Cara Utama menjadi manajer yang baik dan sukses

1. Mampu Melakukan Pendelegasian Pekerjaan
Kunci untuk sukses dalam leadership dan menjadi manajer yang baik adalah dengan belajar untuk mendelegasikan secara efektif baik tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas maupun otoritas yang diperlukan untuk menyelesaikannya.

Banyak manajer yang merasa bahwa mereka perlu mengontrol setiap hal kecil yang karyawan lakukan. Hal ini justru bisa menjadi bencana. Ketika kamu mendelegasikan pekerjaan pada bawahanmu, kamu akan terbantu dan tentunya mengembangkan kepercayaan diri mereka.

Perusahaan adalah sebuah tim, setiap anggotanya akan bertanggung jawab dengan pemimpin/ manajer, dan manajer akan bertanggung jawab pada pemilik perusahaan.

Tugas manajer adalah memastikan setiap tim bekerja dengan baik dan benar. Kalaupun dalam tim ada kesalahan, sebagai manajer, Anda harus tetap bertanggung jawab kepada perusahaan itu.

Baca juga  DEFINISI UMUM AKUNTANSI KEUANGAN

Delegasikan setiap tanggung jawab sesuai kapasitas.

2. Jadilah Manager Sekaligus Pemimpin
Menjadi seorang manajer membutuhkan jiwa kepemimpinan.

Salah satunya mampu menyatukan banyak ide atau memilih solusi yang paling tepat terhadap masalah yang sedang dihadapi. Karisma seorang pemimpin tercermin dari setiap tindakan seperti gaya bicara, gestur tubuh dan ide-ide yang disampaikan.

Banyak manajer yang tidak bisa memimpin, dan sebaliknya pemimpin tidak selalu seorang manajer. Jika ingin sukses jadilah keduanya, manajer sekaligus pemimpin yang baik.

Seorang pemimpin akan menjadi sosok kunci, dan seorang manajer dengan jiwa kepemimpinan akan menjadi panutan bagi para karyawan dan bawahan.

3. Mampu Melakukan Komunikasi
Komunikasi adalah modal yang sangat penting dalam memimpin. Entah itu berkomunikasi dengan bawahan, atau dengan pihak luar perusahaan.

Baca juga  SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Banyak manajer yang tidak memfokuskan pada hal ini. Padahal komunikasi merupakan salah satu aspek dari cara menjadi manajer yang baik dalam suatu perusahaan. Komunikasi di sini bukan sekadar kamu berbicara dengan bawahanmu saat ingin memberikan tugas.

Komunikasi harus terjadi dua arah, saling bertukar informasi. Ada saatnya mereka yang berbicara dan kamu benar-benar mendengarkan aspirasi mereka. Komunikasi tak hanya dapat membuat proses pekerjaan menjadi lebih mulus, hubunganmu dengan bawahanmu pun akan baik.

Tidak jarang, komunikasi manajer menjadi penentu kesuksesan sebuah perusahaan. Karena manajer yang baik adalah seorang komunikator yang handal.