Rosalina boru Simanjuntak alias Ocha, gadis kelahiran Oktober 1996 asal Kabupaten Simalungun, siap mengharumkan nama Indonesia di SEA Games 2019

Rosalina boru Simanjuntak alias Ocha, gadis kelahiran Oktober 1996 asal Kabupaten Simalungun, siap mengharumkan nama Indonesia di SEA Games 2019

Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, patut berbangga hati. Seorang atlet wanita cantik cabang olahraga wushu bertarung di Southeast Asian Games (SEA Games) 2019 di Filipina.

Dia adalah Rosalina boru Simanjuntak. Gadis kelahiran Oktober 1996 asal Janggar Leto, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun, itu siap mengharumkan nama Indonesia di ajang pesta olahraga Asia Tenggara yang digelar dua kali setahun.

SEA Games ke-30 di negara dengan ibu kota Manila tersebut resmi dibuka hari ini, Sabtu 30 November hingga Rabu 11 Desember 2019. Menurunkan kekuatan 837 atletnya, Indonesia kembali berjuang untuk menjadi juara umum setelah terakhir kali menjuarai di tahun 2011.

Ocha, sapaan akrabnya bercerita, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan wakilnya Musa Rajekshah, turut menghantar saat acara pelepasan atlet asal Sumatera Utara yang akan terbang ke Filipina di Century Hotel Senayan, Jakarta, Rabu 27 November 2019.

Baca juga  Hari Anak Nasional Digelar Secara Online Pada Tanggal 23 Juli

Melalui pesan aplikasi WhatsApp kepada Tagar, wanita buah cinta pasangan Parulian Simanjuntak dan Elvrida boru Sihombing itu menyampaikan terima kasih atas dukungan gubernur dan rombongannya. Terlebih ia meminta dukungan doa pada warga Indonesia terutama warga Kabupaten Simalungun.

“Terpilih sebagai salah satu atlet yang membela Indonesia, aku bertekad akan berjuang memberikan yang terbaik dan doakan saya bisa membawa pulang medali emas,” tulisnya, Sabtu 30 November 2019 pagi.

Sebelum berangkat ke Filipina para atlet pelatnas wushu sudah digembleng latihan

Dikatakannya, terpilihnya ia bertarung di Filipina tak sekadar keberuntungan dan hasil kerja kerasnya sendiri. “Dukungan orangtua dan doa-doa warga Kabupaten Simalungun aku bisa seperti ini, Bang,” katanya lagi.

Baca juga  Jajaran Satresnarkoba Polres Tanjungpinang Mengamankan DS, Yang Merupakan Anggota Polisi Di Lingkungan Polres Tanjungpinang

Wushu, katanya, dia kenal sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Maria Goretti, Kota Pematangsiantar. Di SEA Games nanti, Ocha bertanding pada kelas 48 Kg putri.

“Persiapan sudah 100 persen sekarang. Di mana sebelum berangkat ke Filipina para atlet pelatnas wushu sudah digembleng latihan selama kurang lebih dua bulan di China sejak September hingga Oktober 2019,” terangnya.

Ocha juga berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun memperhatikan atlet asal Kabupaten Simalungun. Agar para atlet tetap semangat membawa nama baik Kabupaten Simalungun.

Sebelum mengikuti SEA Games, Ocha telah banyak meraih prestasi diantaranya, medali emas PON Jawa Barat XIX 2016, medali emas kejuaraan Moscow Wushu Star 2018 di Rusia, serta menyumbang medali emas untuk Indonesia pada ASEAN University Games ke -XIX di Naypyidaw, Myanmar, pada tahun 2018.

Baca juga  Progres Pelaksanaan Pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli Terpantau Lumayan Baik

Ocha merupakan anak ke empat dari lima bersaudara. Sebelum lulus dari SMP Negeri 1 Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun, ia menempuh pendidikan dari SD 091288 Sibaganding, Kabupaten Simalungun.

Ia kemudian melanjutkan ke SMK Maria Goretti, Kota Pematangsiantar dan saat ini Ocha menempuh pendidikan di Fakultas Olahraga Universitas Negeri Medan (Unimed). [MR]

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock