Es Buah Manis Segar

Es Buah Manis Segar

Tak hanya es campur, es buah juga menjadi menu favorit karena terdiri dari jenis buah di dalam kuah yang manis.  Es buah sering disebut makanan pencuci mulut khas Indonesia.  Sebagai negara dengan iklim tropis, beragam buah buahan yang tumbuh di Indonesia. Kreasi es buah di setiap daerah bisa berbeda. Dari buah yang digunakan maupun kuah. Ssemua buah dapat digunakan dalam campuran es buah tergantung bahan dan selera. 

Pentingnya menkonsumsi buah untuk kesehatan. Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan perkembangan pada orang dewasa maupun anak. 

Es buah menjadi makanan penutup asli Indonesia, sejak abad ke 19. Hal ini terlihat dari catatan pelancong asli Prancis bernama Chailley Bert. Selanjutnya penemuan dari catatan pelancong Prancis bernama Delmas yang mencicipi segelas minuman segar di Batavia. Minuman tersebut dikatakan terbuat dari buah buahan, es, dan soda pada tahun 1895.

Saat ini kita dapat menikmati es batu langsung dari kulkas di rumah, pada zaman dahulu es di dapat dari kapal kapal Amerika yang membawa balok es. Orang Indonesia belum mengetahui cara pembuatan bahan baku minuman segar itu. 

Beberapa tahun kemudian prinsip dasar pembekuan air dengan larutan garam untuk mencapai suhu mendekati titik beku. Proses pembuatan menggunakan bantuan amoniak yang didatangkan dari Eropa. Proses ini segera berkembang dan dengan cepat berdiri pabrik pabrik es di Indonesia.

Saat itu, warga keturunan Tionghoa bernama Kwa Wan Hong yang bisa mengembangkan pabrik es di Indonesia. Ia bahkan dikenal sebagai raja es.

Saat ini sudah semakin mudah mendapatkan es batu karena bisa dibuat sendiri di rumah. Jika sudah ada es batunya tinggal siapkan buah dan sirup atau racikan gula dan perasa untuk diracik jadi es buah segar. Es buah dengan es yang dibuat sendiri dan buah yang ditanam di negeri sendiri enak rasanya diminum di siang hari yang terik.

Baca juga  Hasil UTBK SBMPTN 23 April 2019

Tips Memilih Buah untuk Es Buah Sirup

Indonesia memiliki aneka ragam buah. Tanah yang subur membuat segala jenis buah yang tumbuh. Buah yang dapat digunakan untuk es buah juga beragam. Ada banyak variasi resep es buah yang dapat dicoba. Bahkan dapat membuat sendiri kreasi es buah berdasarkan selera. 

Ada dua tips untuk memilih buah yang dapat dikreasikan dalam menu es buah. Pertama memilih buah yang masih segar. Pastikan tingkat kematangan buah tidak terlalu matang juga tidak terlalu muda. Karena akan merusak rasa, terlalu asam jika buah terlalu muda atau bahkan pahit.

Tips kedua agar hidangan es buah lebih menarik, ada baiknya memilih buah berdasarkan warna. Warna yang semakin beragam dapat membuat tampilan es buah menarik. Contohnya, mencampurkan buah naga atau semangka untuk warna merah terang, melon yang berwarna hijau, nanas yang berwarna kuning, potongan anggur merah, strawberry, apel untuk warna putih, dan pilihan buah lainnya.

Selain buah buahan segar, ada beberapa bahan yang sering ditambahkan dalam es buah. Ada kolang kaling dan biji selasih. Kolang kaling mungkin masih termasuk buah yang harus melewati proses sebelum dikonsumsi. Sedangkan biji buah selasih adalah biji dari kemangi yang juga nikmat dicampurkan dalam es buah.

Selain buah, bagian terpenting dalam es buah adalah kuah. Kuah biasanya adalah campuran sirup gula dan air. Terkadang dicampur susu atau perasa buah lainnya. Sirup gula dapat dibeli botolan namun jika ingin berkreasi, dapat membuat sirup sendiri dari campuran gula dan perasa vanila atau bahkan sari buah.

Baca juga  BMKG Keluarkan Peringatan Gempa Tsunami Wilayah Sulawesi Tengah

Berikut resep es buah dengan sirup :

Bahan :
300 g daging buah mangga arumanis, potong potong
2 buah kiwi, kupas, potong potong
200 g strawberry, bersihkan, potong potong
200 g nata de coco
es batu, hancurkan
Kuah :
500 ml santan encer
75 g gula pasir
1 lembar daun pandan, potong potong

Cara membuat :
Kuah : Rebus santan, gula dan daun pandan hingga mendidih. Angkat dan dinginkan. Masukan buah buahan dan nata de coco dalam gelas. Masukan santan dan beri es batu. Siapkan dalam kondisi dingin. Porsi untuk 6 gelas.