Jenis Makanan Sehat untuk Buka Puasa

Jenis Makanan Sehat untuk Buka Puasa

Semua umat Muslim di dunia menyambut Bulan Ramadan dengan gembira. Termasuk di Indonesia. Bulan Ramadan, umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan: menahan hawa nafsu dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

Setelah melewati ujian haus dan lapar, jangan buru buru meminum atau memakan makanan dan minuman yang tampak menggoda di saat berbuka puasa tiba. Sebab menjaga kesehatan di bulan puasa merupakan suatu keharusan. Tidak hanya dengan berolahraga dan cukup istirahat, tapi juga dengan memperhatikan menu saat puasa dan sahur. Karena setelah seharian berpuasa, tubuh kehilangan banyak cairan dan energi. Ketika berbuka sebaiknya mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi.

Berikut beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi sebagai menu buka puasa.

Baca juga  Fakta Menarik Park Cho Rong APINK
  • Buah Segar

Pepaya, melon juga pisang menjadi pilihan yang baik karena kaya serat dan dapat mengembalikan energi yang hilang atau bisa juga memilih buah dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka, anggur dan pir untuk mencegah dehidrasi. Dan salad buah agar lebih memicu selera.

  • Sayur-sayuran

Ketika puasa, lambung beristirahat sehingga ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang. Jadi, diperlukan makanan yang mudah dicerna agar lambung tidak kaget dan tidak bekerja terlalu keras. Sayuran yang baik untuk berbuka adalah sayuran hijau karena mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, mineral, vitamin dan zat besi yang sangat berguna bagi tubuh. Contohnya, tumis sayuran, lalapan, salad sayur, atau dibuat menjadi sop.

Baca juga  Dunia Kaget Dengan Penemuan Vaksin Corona oleh Indonesia
  • Madu

Jenis makanan ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur dan mangan. Madu dapat melancarkan metabolisme dan juga mengatasi gangguan pencernaan. Kandungan glukosa dan fruktosa sangat mudah di serap tubuh sehingga dapat mengembalikan stamina dan energi yang hilang.

  • Kurma

Kurma juga memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Kurma mengandung banyak glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah. Kandungan gula alami yang ada pada kurma dapat mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

  • Ikan

Ikan memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena mengandung protein, omega 3, antioksidan, vitamin D, vitamin B2 dan sejumlah mineral.

Baca juga  Jam Sembilan Malam
Prepared egg in white bowl
  • Telur

Telur mudah dicerna tubuh, dan mengandung protein yang sangat tinggi. Satu telur terkandung enam gram protein dan sembilan macam asam amino.

  • Yoghurt

Yogurt merupakan produk susu olahan yang sangat baik untuk menu berbuka puasa karena bernutrisi dan mengenyangkan, yoghurt juga mengandung banyak sumber energi, protein, mineral, serta vitamin sehingga baik untuk sistem pencernaan.