Dua puluh tahun riset perpajakan dalam akuntansi

Dua puluh tahun riset perpajakan dalam akuntansi

Penelitian ini bertujuan meninjau perkembangan penelitian perpajakan dalam akuntansi di Indonesia selama 20 tahun. Tinjauan penelitian didasarkan pada 83 artikel perpajakan di 7 jurnal terakreditasi nasional dengan periode amatan 1997-2016. Pendekatan pertama, cakupan area seleksi artikel; klasifikasi artikel berdasarkan topik, metode dan disiplin ilmu; karakteristik jurnal; dan karakteristik artikel. Penelitian ini juga memisahkan periode 20 tahun ke dalam dua dekade. Pendekatan kedua, analisis komunitas ilmu perpajakan di bidang akuntansi melalui jumlah sitasi di Google Cendekia. Pemetaan daerah menunjukkan pangsa pasar artikel perpajakan sebesar 17% dari penelitian akuntansi, journal share artikel perpajakan mengalami peningkatan selama dua dekade dan journal share tertinggi ada di Jurnal Akuntansi dan Keuangan dan EKUITAS Jurnal Ekonomi dan Keuangan.

Topik penelitian seputar akuntansi keuangan, keperilakuan, dan evaluasi kebijakan. Metode penelitian kuantitatif merupakan yang dominan dalam penelitian perpajakan. Metode archival, survei dan kajian pustaka merupakan tiga metode penelitian yang paling dominan. Semua jurnal didominasi oleh disiplin sumber ekonomi. Analisis sitasi menunjukkan terdapat 49% artikel yang mendapatkan jumlah sitasi antara 41 sampai 1. Jurnal yang paling banyak mendapatkan sitasi adalah Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Analisis sitasi menunjukkan hampir setengah penelitian pajak sudah memiliki kontribusi bagi ilmu perpajakan dalam akuntansi. Topik penelitian seputar akuntansi keuangan, keperilakuan, dan evaluasi kebijakan. Metode penelitian kuantitatif merupakan yang dominan dalam penelitian perpajakan. Metode archival, survei dan kajian pustaka merupakan tiga metode penelitian yang paling dominan. Semua jurnal didominasi oleh disiplin sumber ekonomi.

Baca juga  SUB DISIPLIN AKUNTANSI

Analisis sitasi menunjukkan terdapat 49% artikel yang mendapatkan jumlah sitasi antara 41 sampai 1. Jurnal yang paling banyak mendapatkan sitasi adalah Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Analisis sitasi menunjukkan hampir setengah penelitian pajak sudah memiliki kontribusi bagi ilmu perpajakan dalam akuntansi. Topik penelitian seputar akuntansi keuangan, keperilakuan, dan evaluasi kebijakan. Metode penelitian kuantitatif merupakan yang dominan dalam penelitian perpajakan. Metode archival, survei dan kajian pustaka merupakan tiga metode penelitian yang paling dominan. Semua jurnal didominasi oleh disiplin sumber ekonomi. Analisis sitasi menunjukkan terdapat 49% artikel yang mendapatkan jumlah sitasi antara 41 sampai 1. Jurnal yang paling banyak mendapatkan sitasi adalah Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Baca juga  DEFINISI UMUM AKUNTANSI KEUANGAN

Analisis sitasi menunjukkan hampir setengah penelitian pajak sudah memiliki kontribusi bagi ilmu perpajakan dalam akuntansi. survei dan kajian pustaka merupakan tiga metode penelitian yang paling dominan. Semua jurnal didominasi oleh disiplin sumber ekonomi. Analisis sitasi menunjukkan terdapat 49% artikel yang mendapatkan jumlah sitasi antara 41 sampai 1. Jurnal yang paling banyak mendapatkan sitasi adalah Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Analisis sitasi menunjukkan hampir setengah penelitian pajak sudah memiliki kontribusi bagi ilmu perpajakan dalam akuntansi. survei dan kajian pustaka merupakan tiga metode penelitian yang paling dominan. Semua jurnal didominasi oleh disiplin sumber ekonomi. Analisis sitasi menunjukkan terdapat 49% artikel yang mendapatkan jumlah sitasi antara 41 sampai 1. Jurnal yang paling banyak mendapatkan sitasi adalah Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Analisis sitasi menunjukkan hampir setengah penelitian pajak sudah memiliki kontribusi bagi ilmu perpajakan dalam akuntansi.

Baca juga  KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN