AKUNTANSI SEBAGAI STRATEGI BISNIS

AKUNTANSI SEBAGAI STRATEGI BISNIS

Definisi Teori AKUNTANSI, namun secara umum memiliki secara garis besar yang sama, yakni sebagai informasi atas status keuangan usaha. Namun sebetulnya, yang harus dimaknai dari ilmu akuntansi adalah dengan menjadikan teori ilmu pembukuan ini sebagai sebuah strategi bisnis, yang sama pentingnya dengan strategi pemasaran dan promosi.
Akuntansi terbagi dalam beberapa kelompok ilmu yang masing-masingnya memiliki karakter dan funsi berbeda. Dari sebuah kesatuan ilmu besar, kemudian menjadi lebih spesifik lagi menjadi 2 bagian yakni auditing dan accounting.
Auditing sendiri merupakan aktifitas pemeriksaaan atas catatan-catatan akuntansi. Sebuah perusahaan bisa saja meminta tenaga auditing [akuntan publik] untuk melakukan pemeriksaan keuangannya sehingga hasilnya lebih obyektif, karena lembaga auditing adalah ekternal dan independent. Namun biaya yang besar terkadang menjadi pertimbangan bagi usaha-usaha tertentu sehingga banyak diantaranya yang melakukan audit dengan tenaga mereka sendiri.
Secara Accounting sendiri terbagi beberapa kelompok yaitu:
1. Akuntansi Internasional, yang dibuat untuk masalah yang menyangkut perdagangan internasional. Disini yang menjadi materi besar adalah hal yang berkaitan dengan bea cukai, bidang hukum dan perpajakan dari berbagai negara.
2. Akuntansi Sosial, peran akuntansi ini sebagai alat ukur terhadap penggunaan dana kesejahteraan sosial dalam masyarakat. Ilmu ini pada dasarnya merupakan studi dari pemerintah dengan tujuan ciptanya kelestarian lingkungan daerah yang baik.
3. Akuntansi Pemerintah, sementara ilmu akuntansi ini mengkhususkan pada pelaporan pada unit-unit pemerintahan dan organisasi non laba, meliputi lembaga amal, Yayasan, rumah sakit dan Lembaga-lembaga Pendidikan.
Terdapat beberapa macam ilmu akuntasi lain, yang sebagainya masuk sebagai bagian dari akuntansi lain, yang sebagainya masuk sebagai bagian dari akuntansi bisnis, baik dagang maupun jasa, yakni sebagai berikut.
Sumber Gambar: mentalkaya.com 1
a. Akuntansi Keuangan, juga bisa dikatakan sebagai aktifitas pembukuan, yakni pencatatan atas transaksi yang terjadi pada unit usaha.
b. Akuntansi Manajemen, sesuai namanya maka ilmu ini lebih mengedepankan aktifitas manajemen dalam perencanaan operasi mendatang.
c. Akuntansi Pajak, pembahasan ilmu ini hingga mencakup surat pemberitahuan pajak (SPT). Dan sangat penting sebagai sebuah perencanaan mengenai perpajakan.
d. Akuntansi Anggaran, akuntansi ini lebih merupakan kombinasi kegiatan perencanaan dan pengendalian operasi dimasa depan, dengan melakukan pencatatan data pelaksanaan operasi yang tengah berlangsung saat ini.
e. Akuntansi Biaya, akuntansi biaya menekankan pada pengendalian biaya yang berhubungan dengan biaya produksi. Penerapan ini lebih banyak pada usaha-usaha industry yang memang banyak bersinggungan dengan pengolahan bahan baku.
Demikian dari Ilmu Akuntansi yang dapat membantu anda menemukan strategi bisnis yang tepat bagi perusahaan.

Baca juga  Jenis-Jenis Pekerjaan Kantor