Akuntansi Dana di Pemerintahan

Akuntansi Dana di Pemerintahan

Pemerintahan merupakan suatu lembaga yang memiliki fungsi melayani masyarakat, dalam pelayanannya suatu instansi pemerintahan diikat oleh suatu programkerja. Akuntabilitas kinerja pemerintahan menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban atas keberhasilan atau kegagalan dalam pelaksanaan program kerja dan kegiatan.

Akuntabilitas memungkinkan masyarakat untuk menilai pertanggungjawaban pemerintah atas semua aktivitas yang dilakukan dimana laporan keuangan pemerintah harus dapat membantu pemakai dalam pembuatan keputusan ekonomi, sosial, dan politik dengan membandingkan kinerja keuangan aktual dengan yang dianggarkan, menilai kondisi keuangan dan hasil-hasil operasi, membantu menentukan tingkat kepatuhan terhadap peraturan perundangan yang terkait dengan masalah keuangan dan ketentuan lainnya, serta membantu dalam mengevaluasi  tingkat efisiensi dan efektivitas

Baca juga  Apa Itu Manajemen? Ini Pengertian, Prinsip, Unsur, dan Fungsinya

Akuntansi Dana Pada Instansi Pemerintahan

Akuntansi dana adalah sistem akuntansi yang sering digunakan oleh organisasi-organisasi nirlaba dan institusi sektor publik. Sistem tersebut merupakan metode pencatatan dan penampilan entitas dalam akuntansi seperti aset, dan kewajiban yang dikelompokkan menurut kegunaannya masing-masing.