Mencegah kebocoran pajak dan mengoptimalkan PAD, Pemkab Samosir pasang alat monitoring transaksi usaha di hotel dan restoran

Mencegah kebocoran pajak dan mengoptimalkan PAD, Pemkab Samosir pasang alat monitoring transaksi usaha di hotel dan restoran

Untuk mencegah kebocoran pajak serta mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dari objek pajak hotel, restoran dan hiburan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir, Sumatera Utara menerapkan pemasangan alat monitoring transaksi usaha atau tapping box.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Samosir Hotraja Sitanggang mengatakan, ini merupakan tindak lanjut kerja sama Pemkab Samosir dengan Bank Sumut dan Telkom Indonesia.

Dia menyebut, selama ini masih sering terjadi kurang jujurnya para wajib pajak melaporkan aktivitas transaksi dalam laporan pembayarannya.

“Maka dengan tapping box tersebut diharapkan dapat mengontrol dan mengawasi transaksi para pengusaha terkait penerimaan pajak daerah sekaligus mencegah lost potensi pajak daerah serta meningkatkan transparansi,” ungkap Hotraja, dalam Sosialisasi Launching Pemasangan Alat Perakam Transaksi Secara Online di Palito Kafe, Pangururan, Jumat 29 November 2019.

Baca juga  Progres Pelaksanaan Pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli Terpantau Lumayan Baik

Saat ini ada 84 hotel di Samosir sebagai wajib pajak serta ratusan restoran dari mulai yang sistemnya manual konvensional sampai yang mempunyai alat transaksi modern.

Dengan adanya alat ini, Bapenda Samosir menargetkan kenaikan pajak asli daerah menjadi 100 persen.

“Saat ini PAD dari pajak hotel sekitar Rp 2 miliar, restoran sebesar Rp 1,5 miliar, diharapkan dengan pemasangan tapping box naik signifikan 100 persen sehingga target kita PAD di angka dua digit dapat tercapai,” tambah Hotraja.

Pihaknya kata dia, melihat para wajib pajak sangat responsif dengan penerapan alat ini. Pemasangan dimulai dengan melakukan sosialisasi tahap pertama dengan mengikutsertakan 22 hotel dan restoran.

Baca juga  Din Syamsuddin : Deklarasi KAMI Adalah Gerakan Politik yang Berbasis Nilai Mora

Dia berharap tahun 2020 dilakukan pemasangan 60 unit pada hotel, restoran dan hiburan yang potensial di Samosir.

“Sebagai proyek uji coba dilakukan pada Jumat 29 November 2019 yang saat ini dimulai dari Hotel Samosir Cottage di Tuktuk Siadong dan Restoran Palito di Pangururan,” tambahnya.

Data tapping box tersebut secara online akan masuk ke server pemda sehingga dapat terlihat potensi pajak yang terjadi di tempat usaha. [MR]

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Tolong dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan ini.
Powered By
100% Free SEO Tools - Tool Kits PRO
Please turn AdBlock off