Manajemen Perbankan: Pengertian dan Tujuannya

Manajemen Perbankan: Pengertian dan Tujuannya

Manajemen perbankan memang mempunyai peran sangat penting bagi semua lembaga keuangan. Hal tersebut karena semua kegiatan usaha ini memang membutuhkan manajemen yang tepat sehingga diupayakan bisa bekerkembang dengan optimal.

Tidak sampai disitu saja, pengetahuan mengenai manajemen dalam usaha bank juga wajib dimiliki oleh para karyawan yang bekerja di dalam instansi atau lembaga keuangan termasuk semua divisi di dalamnya. Walaupun demikian, tidak banyak orang memahami dengan baik apa pengertiannya, tujuan hingga masalah apa sajakah yang bisa terjadi didalamnya.

Tanpa adanya manajemen yang tepat itulah, jelas akan membuat usaha perbankan akan berantakan bahkan potensi memperoleh kerugian cukup besar ternyata jauh lebih tinggi. Untuk memahaminya lebih jauh itulah, maka sangat penting mengetahui pengertian hingga tujuan-tujuannya dibawah ini dengan baik.
engertian Manajemen Perbankan
Istilah satu ini mungkin sudah tidak asing lagi buat sebagian besar orang tetapi memang tidak banyak mengetahui apa pengertiannya. Nah, manajemen perbankan sendiri adalah ilmu dimana mempelajari berbagai macam kegiatan penyerapan atau pengumpulan dana, penyaluran utang piutang hingga pertukaran mata uang sehingga bisa dilakukan jauh lebih efektif sekaligus sesuai dengan tujuan.

Didalam menjalankan dan mengatur sistem keuangan, jelas terdapat sejumlah kegiatan yang harus diatur oleh pihak bank seperti pengumpulan sekaligus penarikan dana, menetapkan berbagai macam kebijakan yang mengatur penarikan tabungan maupun adanya penyaluran kredit, membuat rencana tabungan, hingga mengatur keseimbangan dari investasi primer ataupun dana bank.

Baca juga  Dua puluh tahun riset perpajakan dalam akuntansi: Suatu studi bibliografi

Keberadaan manajemen inipun juga mempunyai peranan sangat penting dan harus dimiliki oleh semua lembaga yang bersangkutan dengan keuangan. Mengingat semua kegiatan usaha inipun membutuhkan manajemen sehingga dapat bekembang lebih pesat.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, pengetahuan seputar manajemen inipun harus diketahui oleh para karyawan sekaligus pimpinan bank sehingga kegiatannya dapat terlaksana dengan baik dan benar. Jika didalam suatu lembaga keuangan tidak mempunyai manajemen tepat jelas akan menimbulkan berbagai macam masalah didalamnya.
Tujuan Dari Manajemen Perbankan
Sudah memahami bagaimanakah pengertian dari manajemen satu ini? anda ternyata juga perlu untuk mengetahui bagaimanakah tujuannya. Sebab kegiatan inipun ternyata mempunyai sejumlah tujuan yang perlu diperhatikan dengan baik. Apa sajakah tujuannya? Kami sudah merangkumnya berikut ini.

Membantu Memaksimalkan Nilai Kekayaan Dari Pemegang Saham
Tujuan pertama dengan adanya kegiatan manajemen perbankan adalah bisa membantu untuk memaksimalkan nilai kekayaan dari pemegang saham . Dimana para investor tersebut sudah mempercayakan dananya ke bank bersangkutan.

Adapun nilai kekayaan dari para investor biasanya berasal dari harga saham yang ada di pasar modal. Itulah mengapa pentingnya mengadakan kegiatan manajemen seperti memahami variabel di dalam pasar modal, harga saham, teori keuangan hingga indikator di dalam pasar modal.

Mengatur Kegiatan Operasional Terkait Transaksi dari Nasabah
Bukan hanya bertujuan buat memaksimalkan kekayaan dari para pemegang saham saja, tetapi juga dapat digunakan untuk membantu mengatur kegiatan operasional. Kegiatan inipun bersangkutan dengan transaksi yang terjadi dari para nasabah.

Baca juga  TATA USAHA PERKANTORAN

Pengaturan transaksi nasaba inipun ternyata dilakukan dengan tujuan supaya layanan dari pihak bank bisa sesuai dengan kebutuhan sehingga bisa memuaskan pelanggan. Apabila pengaturan tidak ada, jelas memberikan kerugian buat bank karena dapat kehilangan jumlah nasabah cukup banyak bukan? Baca juga: Peran Bank Indonesia Sebagai Bank Sentral

Menghindari Adanya Human Error
Masih ada lagi tujuan dari kegiatan manajemen perbankan yakni dapat digunakan untuk menghindari adanya human error atau komputer error berkaitan dengan transaksi dari dana nasabah. Pihak bank swasta sendiri tidak diperbolehkan menentukan sendiri seperti apakah pengaturan operasionalnya tanpa adanya persetujuan dan peraturan dari pihak BI.

Menganalisa Kegiatan Penyaluran Kredit
Selain untuk tujuan masalah operasional, kegiatan manajemen inipun berfungsi untuk membantu melakukan analisa terhadap kegiatan penyaluran kredit dari masyarakat. Manajemen yang berkaitan dengan kredit juga mempunyai peran sangat penting.

Hal tersebut dapat membuat dana nasabah ataupun dana dari pihak bank dapat terlindungi dengan baik. Adapun kegiatan inipun bersangkutan dengan pelaksanaan, analisa perkreditan hingga bagaimanakah proses pengelolaan dana bank.

Jika nantinya manajemen yang berkaitan dengan operasional transaksi dan kegiatan kredit sudah dilakukan dengan baik, maka tahap finansial berikutnya adalah manajemen sumber daya manusia alias SDM. Hal tersebut sangat penting karena hampir semua kegiatan ternyata sangat bergantung dengan keberadaan kualitas dari SDM bersangkutan.

Itulah mengapa pentingnya adalah pelatihan terhadap SDM sehingga bisa meningkatkan mutu maupun kualitas dari para karyawan. Dengan begitu maka bisa memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabah yang bersangkutan. Dengan pelayanan bagus jelas bisa meningkatkan kepercayaan dari para nasabah terhadap perusahaan dan perbankan bersangkutan.

Baca juga  Memahami Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM)

Risiko Kegiatan Diatas
Walaupun dikenal mempunyai beberapa tujuan dan manfaat, tetapi kegiatan manajemen di dalam dunia perbankan ternyata juga tidak bisa dilepaskan dari adanya beberapa risiko. Inilah yang perlu diwaspadai oleh semua perusahaan dengan bidang finansial tersebut.

Risiko pertama adalah adanya ketidak pastian terkait dengan dana yang terdapat di pasar saham. Hal tersebut karena hasilnya belum tentu sesuai dengan harapan dari pihak bank bersangkutan. Adapun hal terkait adalah seputar keuntungan para investor ataupun bank sendiri.

Hasil yang tidak pasti itulah ternyata juga bisa menjadi resiko buruk buat sebagian besar investor. Sebab kondisi ini bisa mengakibatkan bunga ataupun premi berpengaruh. Tanpa adanya kegiatan manajemen tepat jelas bisa mengakibatkan sebuah bank mengalami kebangkrutan bukan?

Pengaturan di dalam perusahaan perbankan memang sangat penting dilakukan sehingga bisa sama-sama memperoleh keuntungan dari berbagai pihak. Itulah pengertian dari manajemen perbankan dan tujuannya yang perlu dipahami dengan baik.

Tagged pengertian Perbankan, tujuan Perbankan.