Informasi Bahwa Gedung Bandung Electronic Center (BEC) Runtuh Akibat Gempa Banten Pada Jumat Malam, 2 Agustus 2019 Adalah Kabar Dusta Belaka Alias Hoaks

Informasi Bahwa Gedung Bandung Electronic Center (BEC) Runtuh Akibat Gempa Banten Pada Jumat Malam, 2 Agustus 2019 Adalah Kabar Dusta Belaka Alias Hoaks

Pada Jumat malam, 2 Agustus 2019, sekitar pukul 19.03 WIB, gempa mengguncang Jakarta. Guncangan kuat dirasakan warga, terutama mereka yang berada di gedung-gedung tinggi.

Awalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa yang guncangannya terasa hingga Jakarta bermagnitudo 7,4, sebelum akhirnya dimutakhirkan menjadi 6,9.

Tak hanya di Jakarta, guncangan sedang hingga kuat juga dirasakan di sejumlah daerah, termasuk Bandung, Jawa Barat.

Lindu tersebut berpotensi tsunami. Warga di wilayah pesisir Banten, Lampung, hingga Bengkulu diminta waspada. Peringatan tsunami baru dicabut pada pukul 21.35 WIB.

Di tengah bencana terjadi, muncul sejumlah kabar simpang-siur di media sosial serta aplikasi perpesanan.

Salah satunya menyebut bahwa Gedung Bandung Electronic Center (BEC) runtuh akibat gempa Banten.

Baca juga  BMKG Perkirakan Wilayah Kalimantan Utara Berawan Pagi Ini

“BEC Bandung Runtuh,” demikian pesan yang beredar di media sosial, Instagram, tak lama usai gempa Banten.

Penelusuran Fakta

Berdasarkan temuan Jabar Saber Hoaks, dapat dipastikan info yang beredar tersebut adalah hoaks.

“Tidak ada kerusakan berarti, hanya keretakan sambungan di dinding bangunan lama dan baru. Sementara itu, yang terlihat di foto sebagai bangunan runtuh, sebenarnya adalah desain bentuk pintu masuk ke BEC 2,” demikian diungkap Jabar Saber Hoaks.

Kesimpulan Klaim

Informasi bahwa Gedung Bandung Electronic Center (BEC) runtuh akibat gempa Banten pada Jumat malam, 2 Agustus 2019 adalah kabar dusta belaka alias hoaks.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikornita Karnawati meminta masyarakat untuk tenang dan tidak mudah mempercayai informasi hoaks terkait gempa Banten.

Baca juga  Theodorus Ginting Menjadi Juara Nasional Baru Kelas Welter One Pride MMA

“Masyarakat tetap tenang, jangan percaya informasi hoaks, yang sumbernya tidak jelas,” ucap Dwikornita dalam konferensi pers di kantornya, Jumat (2/8/2019).

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock