[TERBARU] 10 Fakta Lee Sun-mi (이선미), mantan personel Wonder Girls

[TERBARU] 10 Fakta Lee Sun-mi (이선미), mantan personel Wonder Girls

Penggemar musik Kpop pasti sudah tak asing lagi dengan nama Sunmi. Tapi sebelum merilis lagu tersebut, Sunmi sendiri sebenarnya sudah jadi idol terkenal karena ia merupakan mantan personel Wonder Girls.

Sebagai idol senior, Sunmi memiliki sejarah panjang di dunia hiburan. Ia bahkan punya kisah kelam sekaligus pengalaman unik selama dirinya berprofesi sebagai seorang penyanyi.

Kalau kalian penasaran dengan sosok Sunmi dan perjuangannya di dunia musik, simak dulu fakta-fakta Sunmi yang telah dikumpulkan udahketemu di bawah ini.

Biodata

Nama lengkap : Lee Sun-mi (이선미)

Nama panggung : Sunmi (선미)

Nama panggilan : Mimi

Tempat dan tanggal lahir : Iksan, Jeolla, Korea Selatan. 2 Mei 1992.

Zodiac : Taurus

Tinggi badan : 166 cm (5’5”)

Golongan darah : AB

Instagram : @miyayeah

Twitter : @official_sunmi_

1. Debut Bersama Wonder Girls

Sebelum bersolo karier, Sunmi debut bersama Wonder Girls di tahun 2007 silam di bawah naungan agensi JYP Entertainment.

2. Sempat Hiatus dari Dunia Musik

Pihak JYP mengungkapkan bahwa Sunmi akan tetap berada di agensi JYP, tapi saat itu mereka juga mengonfirmasi bahwa Sunmi belum punya rencana untuk kembali berkarier bersama Wonder Girls.

3. Memulai Karier Solo

Setelah sekitar 3 tahun hiatus, tepatnya di tahun 2013, Sunmi akhirnya kembali ke dunia musik. Tapi ia tidak kembali bergabung dengan Wonder Girls, melainkan meniti karier sebagai penyanyi solo.

Saat itu Sunmi tergolong sukses dengan kariernya sebagai penyanyi solo, apalagi lagunya berhasil menempati posisi-posisi strategis di berbagai chart musik. Namun di tahun 2015, agensi JYP mengumumkan bahwa Sunmi akan kembali bersama Wonder Girls dengan mengusung konsep band.

Baca juga  Episode 17 It's Okay to Not Be Okay Hebohkan Netizen, Kenapa bisa ?

4. Keluar dari Agensi JYP Entertainment

Setelah cukup sukses di bawah asuhan JYP, Sunmi memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan agensi yang sudah membesarkan namanya tersebut. Hal ini diikuti dengan pembubaran Wonder Girls pada awal tahun 2017, tapi saat itu grup ini sempat mengeluarkan single terakhir berjudul “Draw Me” sebagai lagu perpisahan sekaligus perayaan 10 tahun debut. Tak lama setelah itu Sunmi diketahui masuk ke agensi Makeus Entertainment.

5. Populer dengan “Gashina”

Setelah pindah agensi dan fokus dengan karier solonya, Sunmi akhirnya comeback dengan lagu baru berjudul “Gashina” pada tanggal 22 Agustus 2017. Lagu ini diproduseri oleh Teddy Park dari The Black Label dan Sunmi pun ikut berpartisipasi dalam penulisan liriknya.

Lagu “Gashina” rupanya mendapat respon yang sangat positif dan sangat nge-hits di kalangan penikmat musik Kpop. Apalagi lagu ini memiliki koreografi yang ikonik dan cukup mudah ditiru, sehingga “Gashina” jadi sangat populer dan berhasil membuat nama Sunmi makin meroket di dunia musik.

Lagu ini juga membuat Sunmi masuk nominasi di berbagai ajang penghargaan di Korea Selatan, dan “Gashina” berhasil memenangkan penghargaan Gaon Chart untuk kategori Song of the Year.

6. Punya Fans Bernama Miya-ne

Pada bulan Maret 2019, pihak agensi membuat pengumuman bahwa Sunmi sudah memilih nama sekaligus warna resmi untuk fandom-nya.  Saat ini, fans Sunmi akan disebut sebagai Miya-ne, dan warna resmi fandom ini adalah gabungan antara warna merah, ungu, dan biru.

Baca juga  SNSD Reuni Sekaligus Rayakan 13 Tahun Debut

Seperti yang diketahui, Sunmi memiliki nickname Mimi atau Miya, dan dari sinilah nama fandom Miya-ne berasal. Miya-ne sendiri bisa berarti ‘rumah Sunmi’ atau ‘keluarga Sunmi’, yang artinya para penggemar akan selalu ada di samping Sunmi dan mereka akan terus bersama-sama. So Sweet, ya, artinya?

 7. Mahir Menulis Lirik Lagu

Sunmi tidak hanya pandai menyanyi, tapi juga punya keahlian dalam menciptakan lagu. Sunmi juga menulis lagu-lagunya sendiri setelah aktif sebagai penyanyi solo.

8. Sangat Perhatian

Sisi lain dari seorang Sunmi yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang adalah ia memiliki rasa peduli yang sangat besar terhadap orang-orang di sekitarnya. Hal ini terungkap ketika sang manajer bercerita tentang pengalamannya bekerja sama dengan Sunmi.

Si manajer bercerita bahwa ia pernah mengalami kesulitan finansial sampai harus mencari pinjaman. Di saat masa-masa berat seperti itu, sang manajer mengaku kalau suatu hari ia mendadak mendapat transferan uang dalam jumlah yang sangat banyak dari Sunmi.

Saat itu Sunmi sempat berkata kalau ia memang ingin membantu dan memohon agar manajernya tidak merasa terbebani oleh uang itu, Sunmi bahkan tidak berharap agar manajernya mengembalikan uangnya tersebut.

Bila dipuji soal aksinya itu, Sunmi akan merendah dan bercanda kalau ia sebenarnya mengharapkan pamrih, yaitu agar manajernya rajin memberinya banyak job.

9. Kesulitan Uang Saat Masih Kecil

Tak banyak yang tahu bahwa Sunmi pernah mengalami masa-masa berat sebelum dirinya debut. Pengalaman pahitnya itu juga menjadi alasan utama kenapa dirinya memutuskan untuk menjadi seorang penyanyi.

Baca juga  Sebagian besar member GFriend sejatinya telah saling kenal cukup lama sebelum debut

Sunmi bercerita bahwa saat ia masih kelas 4 SD,ia hidup bersama ayah dan beberapa adik laki-laki. Tapi saat itu sang ayah sakit dan kondisi keuangan keluarga Sunmi benar-benar di titik terendah. Sunmi mengaku harus putar otak untuk mencari uang, dan cara tercepat saat itu adalah dengan menjadi seorang artis. Ia kemudian lolos audisi yang digelar agensi JYP saat usianya masih 14 tahun.

Saat itulah Sunmi harus meninggalkan rumah dan berlatih sebagai trainee di JYP. Yang paling membuatnya sedih adalah sang ayah tidak pernah bisa melihatnya debut. Sunmi mengaku kalau ayahnya sering mengirim SMS yang berisi banyak keluhan.

Sekitar 3 bulan sebelum debut, Sunmi kembali menerima SMS serupa, dan sang ayah pamit untuk ‘pergi’ lebih dulu. Saat itu Sunmi tidak membalasnya, tapi ia tidak menyangka kalau sang ayah benar-benar pergi untuk selamanya. Tapi sekarang Sunmi juga merasa agak lega karena keluarganya sudah tidak mengalami kesulitan lagi.

10. Senior yang Baik Hati

Sunmi tidak hanya peduli pada keluarga atau orang-orang terdekatnya, tapi juga kepada para juniornya di dunia musik. Girlband TWICE yang juga diasuh oleh JYP Entertainment mengungkapkan kalau mereka pernah tidak sengaja bertemu dengan Sunmi di suatu restoran.

Saat itu Sunmi tak segan-segan mentraktir juniornya sekaligus memberi mereka hadiah berupa album solonya. TWICE sendiri sempat memamerkan hadiah tersebut di media sosial, mereka juga sangat senang karena bisa mengenal seorang senior yang baik seperti Sunmi.