Provinsi Riau Berkabut! Berikut 7 Fakta Tentang Riau

Provinsi Riau Berkabut! Berikut 7 Fakta Tentang Riau

Provinsi Riau tengah menjadi sorotan akibat tebalnya kabut asap beberapa hari terakhir. Akibatnya, jarak pandang di Ibu Kota Riau, Pekanbaru hanya mencapai 300 meter.

Tebalnya kabut asap disebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi. Tak hanya di wilayah Sumatera, karhutla juga terjadi di beberapa titik di Kalimantan.
Berikut 7 fakta Provinsi Riau yang dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Provinsi Terkaya

Riau menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dengan alasan Riau merupakan penghasil minyak bumi dan kelapa sawit.

2. Jembatan Terpanjang di Indonesia

Salah satu jembatan terpanjang di Indonesia ada di Riau, yakni Siak Tengku Agung Sultanah Latifah. Dinobatkan menjadi yang terpanjang karena memiliki jenjang mencapai 1,1 kilometer dan lebar 16,95 meter.

Baca juga  Penyintas Di Kota Palu Mengeluhkan Tindakan Pihak Bank Yang Dinilai Menutup Rekening Penerima Jaminan Hidup (Jadup).

3. Istana

Tak kalah dengan kota besar, Riau juga memiliki istana bernama Siak. Istana ini juga dijuluki Matahari Timur dengan arsitektur corak Arab, Melayu, dan Eropa.

4. Perpustakaan Megah

Bagi pecinta buku, Riau menjadi salah satu Provinsi favorit. Pasalnya, di Pekanbaru, Riau terdapat perpustakaan Balai Pustaka Soeman Hasibuan yang koleksinya sangat lengkap.

5. Kuliner

Salah satu makanan khas Riau adalah mie lendir. Makanan ini terdiri dari mie kuning, toge, serta siraman kuah kacang dicampur ubi. Lezat bukan?

6. Wisata

Dikenal dengan kekayaan sumber daya alamnya, ada berbagai jenis wisata yang bisa dikunjungi di Riau. Misalnya, air terjun Lubuk Bigau, Pulau Jemur, dan Sungai Kampar.

Baca juga  PPDB 2019 di Jawa Barat Akan Disampaikan Melalui Website

7. Festival Kepri

Riau memiliki festival pariwisata terbesar di Indonesia, yakni Festival Bahari Kepulauan Riau (Kepri). Festival ini biasa dilaksanakan setiap satu tahun sekali.

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock