FUNGSI UTAMA AKUNTANSI BAGI PERUSAHAAN

FUNGSI UTAMA AKUNTANSI BAGI PERUSAHAAN

ungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu bisnis atau perusahaan.

Dari laporan yang dihasilkan maka dapat dilihat posisi keuangan suatu bisnis atau perusahaan serta perubahan yang terjadi didalamnya.

Ada beberapa peran penting akuntansi, diantaranya adalah sebagai berikut:

Sebagai pengontrol atau pengendali keuangan di dalam perusahaan. Di dalam kegiatan ekonomi khususnya di dunia bisnis, pengendalian merupakan faktor penting yang akan menentukan keberhasilan bisnis tersebut. Dengan adanya akuntansi, maka perusahaan akan mengetahui pengelolaan dana, berapa laba yang diperoleh, serta apakah ada kerugian dari aktivitas ekonomi
Berperan sebagai media evaluasi perusahaan. Laporan-laporan akuntansi akan menunjukkan hasil perusahaan dalam periode-periode tertentu. Laporan yang berisi informasi-informasi penting yang dapat menggambarkan kondisi keuangan perusahaan. Sehingga, pimpinan perusahaan dapat mengevaluasi bisnis yang dijalankan sekaligus mengidentifikasi masalah-masalah keuangan yang sedang dihadapi
Berperan penting di dalam perencanaan perusahaan di masa yang akan datang. Setelah melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap laporan akuntansi keuangan, maka pimpinan perusahaan dapat memiliki gambaran atau tujuan bisnis yang ingin dicapai.
Sebagai informasi penting yang digunakan untuk tujuan pengambilan keputusan, pengawasan dan implementasi keputusan-keputusan perusahaan.
Fungsi Utama Akuntansi Bagi Perusahaan

Baca juga  3 LANGKAH MUDAH MEMAHAMI BIAYA JABATAN DALAM PPh 21