Cara Meningkatkan Produktivitas Saat ‘Work From Home’

Cara Meningkatkan Produktivitas Saat ‘Work From Home’

Pemerintah saat ini menerapkan peraturan untuk bekerja dari rumah atau working from home demi mencegah penyebaran infeksi virus corona (COVID-19). Hastag #dirumahaja pun menggema di dunia maya.

Produktivitas saat bekerja dari rumah sering kali menurun karena banyak gangguan dan kurang pengawasan. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas saat work from home.

Tak perlu khawatir atau merasa tertekan saat bekerja dari rumah. work from home bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan saat bekerja dari rumah. Work from home bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan pekerjaan dapat selsai dengan cepat dan menyenangkan.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peroduktivitas saat work from home.

Baca juga  Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tengah berlangsung #ShameOnYouGerindra

1.Membuat Jadwal

Work from home bukan berarti liburan atau berleha-leha dirumah. Buatlah jadwal untuk bekerja dan taatilah jadwal tersebut. Misalnya bekerja mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

Pastikan anda sudah siap bekerja diwaktu yang sudah ditetapkan dengan keadaan yang nyaman. Janagan mulai bekerja sebelu jadwal dan selsaikan pekerjaan tepat waktu, kecuali jika Anda mesti lembur dari rumah.

2. Beri jeda setiap 120 menit

Dikutip dari INC, studi menunjukan memberi jeda pada pekerjaan dapat meningkatkan produktivitas, Beri jeda setiap 90-120 menit selama 10-15 menit.

Jeda itu dapat dilakukan untuk istirahat sejenak, mencari udara segar, atau peregangan.

3. Matikan Notifikasi

Saat bekerja, tingkatkan fokus dengan cara mematikan sejumlah notofikasi yang tidak penting seperti media sosial dan pemberitahuan sejumlah aplikasi.

Baca juga  Pendiri LVMH Bernard Arnault, saat ini menjadi orang terkaya di Eropa

Gangguan sekecil apapun dari dering handphone atau laptop dapat merusak suasana hati dan mengkilangkan fokus.

4. Pilih lokasi yang nayaman

Pilih lokasi yang nyaman untuk bekerja seperti diruangan keluarga, ruangan tamu, atau pekarangan rumah, Hindari bekerja ditempat tidur karena dapat merusak produktivitas.

Siapkan pula barang-barang yang dapat meningkatkan suasana hati. Misal, foto keluarga, tanaman, hingga camilan.

5. Ingat tujuan bekerja

Bekerjalah dengan tujuan dan niat yang baik, saat bekerja dari rumah ingat kembali tujuan tersebut.

Dikutip dari medium, tujuan itu dapat meningkatkan produktivitas saat bekerja, membuat Anda lebih bersemangat, dan bekerja dengan lebih ikhlas