Borussia Dortmund harus mengalahkan Slavia Praha di laga pamungkas Grup F Liga Champions 2019 jika ingin melangkah ke babak 16 besar.

Borussia Dortmund harus mengalahkan Slavia Praha di laga pamungkas Grup F Liga Champions 2019 jika ingin melangkah ke babak 16 besar.

Laga Dortmund vs Slavia Praha akan digelar di Stadion Signal Iduna Park, pada Rabu (11/12/2019), pukul 03.00 WIB. Pertandingan ini juga dapat disaksikan melalui live streaming vidio di link berikut ini.

Dortmund mutlak harus memenangi pertandingan ini jika mau menemani Barcelona lolos ke fase gugur. Saat ini pasukan Lucien Favre berada di urutan ketiga Grup F dengan tujuh poin. Jumlah itu sama dengan koleksi Inter Milan yang menghuni peringkat dua. Artinya, kemenangan pun sebenarnya belum bisa memastikan langkah Dortmund ke babak berikutnya. Selain harus menang atas Slavia, Dortmund harus berharap Inter gagal mengalahkan Barcelona. Namun, segala harapan akan menjadi percuma jika Marco Reus dan kawan-kawan gagal memetik 3 poin di laga kontra Slavia Praha. Sayangnya, persiapan Dortmund kurang maksimal karena beberapa pemain cedera. Absennya Marcel Schmelzer masih bisa ditutupi dengan kehadiran Nico Schulz. Namun, beda halnya dengan absennya dua gelandang andalan Favre yakni Axel Witsel dan Thomas Delaney. Delaney, gelandang asal Denmark, sudah mendapatkan cedera terlebih dahulu dari beberapa pekan kemarin dan diperkirakan absen sampai Januari 2020. Sedangkan cedera Witsel didapat ketika ia tidak sedang bermain bola, melainkan sebab terjatuh di rumahnya yang mengakibatkan wajahnya perlu dioperasi. “Axel tidak bisa bermain lagi sampai akhir tahun ini. Jelas ini menjadi kerugian besar bagi kami dan dia sendiri. Axel adalah pemain penting di tim ini dan semoga ia bisa kembali bermain secepatnya,” kata Favre. Tanpa Delaney dan Witsel memang bisa memberikan masalah bagi Favre. Namun ia masih punya pemain pelapis yang bisa menggantikan. Selain itu, kualitas skuad Dortmund secara keseluruhan lebih bagus dibanding sang lawan. Secara statistik pun Dortmund masih lebih unggul dibanding Slavia. Dari torehan gol, Dortmund sudah mencetak enam gol berbanding tiga milik Slavia. Meski di sisi pertahanan, Dortmund agak rentan karena sudah kebobolan tujuh gol dan Slavia dengan delapan gol. Satu hal yang harus diperhatikan dengan benar oleh Dortmund adalah bahwa dua poin Slavia sejauh ini selalu didapat di kandang lawan. Pertama terjadi di matchday 1 ketika menahan Inter 1-1 di San Siro. Lantas, Barcelona yang diunggulkan di Camp Nou hanya bisa main imbang tanpa gol atas tim ini. Kesempatan Slavia untuk lolos memang sudah habis. Meskipun demikian, mereka bertekad untuk meneruskan tren bagus di kandang lawan pada partai terakhir fase grup . “Dua poin yang kami dapatkan semua terjadi di pertandingan away. Kami pun yakin bisa mengulanginya lagi kali ini,” kata kapten Slavia, Tomas Soucek. “Pada awalnya tidak ada yang menganggap Slavia. Tapi kami bisa memberikan kejutan besar ketika main di kandang tim besar. Sekarang, kami berniat mengulanginya di Dortmund,” tambah Tomas.

Baca juga  Kamu Wajib Ketahui Sebelum Mulai Hobi Main Sepeda