Selamat Hari Ayah Nasional untuk seluruh Ayah di Indonesia

Selamat Hari Ayah Nasional untuk seluruh Ayah di Indonesia

Jika Anda membuka laman Google.com, pagi hari ini (12/11/2019), tampak ilustrasi seekor burung besar yang sedang memberikan makanan untuk anak-anaknya.

Doodle tersebut diperuntukan untuk memperingati Hari Ayah Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 November 2019.

Doodle Hari Ayah Nasional tersebut jika diklik akan menampilkan animasi sang ayah burung yang dikelilingi enam anaknya dalam beragam warna khas logo Google. Ada tiga mode yang bisa dipilih, masing-masing menampilkan keakraban sang ayah dan anak-anaknya.

Hari Ayah Nasional mulai dideklarasikan di Solo pada tahun 2006 silam pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Dihimpun dari situs sahabatkeluarga.kemendikbud.go.id, peringatan Hari Ayah di Indonesia sendiri diprakarsai oleh paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Baca juga  Vlog Jurnalrisa Siap Buat Merinding

Ide ini pun tercetus secara mendadak setelah PPIP mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu tahun 2014 lalu.

“Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah?” tanya seorang peserta secara mengejutkan.

Dari situlah PPIP mulai mencari tahu kapan harus memperingati Hari Ayah Nasional hingga melakukan audiensi ke DPRD Kota Surakarta. Setelah melalui kajian dan proses yang cukup panjang, PPIP mendeklarasikan 12 November sebagai Hari Ayah di Indonesia.
Deklarasi serupa juga diadakan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi tersebut mereka meluncurkan buku bertajuk Kenangan untuk Ayah berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Baca juga  Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tengah berlangsung #ShameOnYouGerindra

Buku itu pun dikirimkan kepada Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono serta bupati di empat penjuru Indonesia, yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote. Sejak itulah, peringatan Hari Ayah Nasional ditetapkan.

Sebagaimana Ibu, Ayah juga berperan penting dalam keluarga. Ia tak sekadar nahkoda rumah tangga, namun juga bertanggung jawab sebagai pencari nafkah utama, pelindung, dan yang paling penting memberikan kasih sayangnya ke keluarga.

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Tolong dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan ini.
Powered By
100% Free SEO Tools - Tool Kits PRO
Please turn AdBlock off