PHK AS MEDIA, Setelah Washington Post dan CNN

PHK AS MEDIA
PHK AS MEDIA

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nur Febriana Trinugraheni

UDAHKETEMU.COM,INTERNASIONAL – Sektor media dan teknologi Amerika Serikat dalam beberapa bulan terakhir mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) di tengah kekhawatiran penurunan ekonomi global.

Dari CNN, Buzzfeed, hingga Washington Post menghadapi masa-masa sulit dalam beberapa bulan terakhir, karena pengiklan memperketat pengeluaran mereka menyusul ketidakpastian ekonomi.

Penurunan pendapatan iklan telah menyebabkan gelombang PHK di sektor ini.

Vox Media, penerbit majalah New York dan pemilik media online Vox.com, Eater, serta The Verge, menjadi perusahaan media terbaru yang mengumumkan PHK terhadap tenaga kerjanya.

Merangkum dari Tribunnews, berikut ini daftar perusahaan media yang mengumumkan PHK:

1. Vox Media dalam PHK AS MEDIA

Pemilik situs web berita dan opini Vox.com, situs web teknologi The Verge dan New York Magazine. Mengumumkan PHK terhadap 7 persen stafnya atau sekitar 130 karyawan pada Jumat (20/1/2023).

“Kami mengalami dan mengharapkan lebih banyak tekanan ekonomi dan keuangan yang sama yang dihadapi orang lain di industri media dan teknologi,” kata kepala eksekutif Vox Media Jim Bankoff, dalam sebuah memo yang dikirim ke staf perusahaannya.

Bankoff menambahkan, kondisi ekonomi yang sulit telah memaksa Vox Media untuk fokus pada bisnis intinya.

Baca juga  Cara Merayakan Hari Persahabatan Internasional

“Sayangnya, dalam iklim ekonomi seperti ini, kami tidak dapat mempertahankan proyek dan area bisnis yang belum berjalan seperti yang diharapkan, kurang inti dari peluang terbesar yang kami lihat di tahun-tahun mendatang, atau di mana kami tidak memiliki alasan yang cukup untuk mendukung investasi berkelanjutan dalam apa yang bisa menjadi penurunan yang berkepanjangan,” tulis Bankoff dalam memo tersebut.

2. BuzzFeed dalam PHK AS MEDIA

Perusahaan berita dan hiburan media internet yang berbasis di Amerika Serikat BuzzFedd melakukan PHK atas 12 persen tenaga kerjanya atau sekitar 180 karyawannya.

Melansir dari Variety, PHK tersebut dilakukan perusahaan dalam upaya untuk memangkas biaya karena BuzzFedd menghadapi hambatan termasuk penurunan dalam pendapatan iklan.

Ilustrasi BuzzFeed.
Ilustrasi BuzzFeed. (Fox Business)
BuzzFedd memberi tahu karyawan yang terkena dampak PHK melalui email yang dikirim pada Selasa (6/12/2022).

“Agar BuzzFeed dapat mengatasi penurunan ekonomi yang saya yakini akan berlanjut hingga tahun 2023, kami harus beradaptasi, berinvestasi dalam strategi kami untuk melayani audiens kami dengan sebaik-baiknya, dan menyesuaikan kembali struktur biaya kami,” tulis CEO BuzzFeed, Jonah Peretti dalam email tersebut.

Baca juga  Jagad Sosial Media dihebohkan Dengan Meninggalnya Naya Rivera

3. CNN dalam PHK AS MEDIA

Ratusan karyawan Cable News Network (CNN) menerima pemberitahuan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada Kamis (1/12/2022).

CNN memiliki sekitar 4.400 karyawan. PHK tersebut memengaruhi ratusan staf CNN, tetapi berjumlah “persentase satu digit” dari tenaga kerja perusahaan, menurut seseorang sumber yang mengetahui masalah tersebut.

CEO CNN Chris Licht mengirimkan memo ke semua staf perusahaan pada Kamis sore setelah berita PHK sampai sehari sebelumnya.

PHK merupakan bagian dari upaya yang lebih luas di Warner Bros Discovery, perusahaan induk CNN, untuk memotong biaya operasional perusahaan menuju tahun 2023.

Dari CNN, Licht mengatakan pada Rabu (30/11/2022), perusahaan akan memberi tahu “sejumlah individu” dan sebagian besar kontributor, bahwa mereka akan di PHK.

4. Gannett dalam PHK AS MEDIA

Perusahan media selanjutnya yang memangkas tenaga kerjanya adalah Gannet. Jaringan surat kabar terbesar di Amerika Serikat itu memulai putaran PHK lain pada Kamis (1/12/2022).

Karyawan di anak perusahaan Gannett, yang meliputi USA Today, The Indianapolis Star, dan The Detroit Free Press.  Mulai menerima pemberitahuan pemutusan hubungan kerja pada Kamis. Sebagai bagian dari upaya untuk memotong sekitar 6 persen dari sekitar 3.440 karyawan di AS.

Baca juga  Dunia Maya Heboh Setelah Kylie Jenner Pamer Makan Mie Instan Buatannya

PHK pada bulan lalu adalah langkah terbaru dari serangkaian pemotongan biaya operasional oleh Gannett.  Pada Agustus tahun lalu memangkas sekitar 400 karyawan dan mengatakan akan membekukan perekrutan karyawan.

5. The Washington Post dalam PHK AS MEDIA

Penerbit The Washington Post pada pertengahan Desember 2022 mengumumkan akan melanjutkan PHK di tahun ini. CEO Washington Post Fred Ryan mengumumkan akan memecat sebagian dari total 2.500 pekerjanya.

Baca juga: Bloomberg Bocorkan Rencana Akuisisi Wall Street Journal dan Washington Post

The Washington Post mingguan telah berakhir terbit per Desember. Majalah yang memenangkan dua kali Penghargaan Pulitzer itu tutup sebagai dampak transformasi global dan digital.

 

 

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Tolong dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan ini.
Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock
Please turn AdBlock off