Manfaat Alpukat untuk Tubuh, dari Mencerahkan Kulit hingga Dongkrak Gairah Bercinta

Alpukat

UDAHKETEMU.COM, HEALTH- Dilansir dari CANTIKA.COMĀ  Alpukat adalah salah satu makanan yang paling enak dan serbaguna, entah itu menjadi tambahan di roti panggang, dihaluskan menjadi guacamole, atau smoothie krim yang kental. Bukan cuma itu, ketahui pula sederet manfaat alpukat berkat kandungan gizinya.

Secara keseluruhan, alpukat adalah sumber gizi yang baik dari banyak mikronutrien penting, termasuk vitamin C, E, dan K, serta riboflavin, magnesium, potasium, dan banyak lagi, menurut Taylor Fazio, ahli diet dan konsultan kesehatan di Lanby, New York, Amerika Serikat. Alpukat juga tinggi folat, yang merupakan gizi yang sangat penting selama kehamilan.

Apa saja manfaat alpukat untuk tubuh? Berikut kebaikan alpukat untuk usus, jantung, kulit hingga mendongkrak gairah bercinta.

1. Menurunkan Tekanan Darah
Alpukat kaya asam lemak omega-3, sejenis lemak yang terbukti mendukung kesehatan jantung; Satu studi menyatakan bahwa asam lemak omega-3 telah terbukti menurunkan tekanan darah dan lemak tubuh.

Baca juga  Inget Corona Masih Ada ! Ini Dia Protokol Kesehatan Saat Idul Adha

2. Menjaga Kesehatan Usus
Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), alpukat mengandung serat tinggi. Satu porsi atau sepertiga buah alpukat mengandung tujuh gram serat. Serat membantu menjaga saluran pencernaan tetap teratur dan mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus.

3. Baik untuk Kulit dan Rambut
Tahukah kamu makan satu buah alpukat sehari bisa berdampak besar pada kulit Kamu. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology pada 2022 menemukan bahwa wanita yang makan alpukat sehari selama delapan minggu secara signifikan meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsi alpukat.

Semua asam lemak omega-3 dalam alpukat juga berperan dalam meningkatkan kesehatan rambut sekaligus mengatasi masalah rambut rontok.

Baca juga  Adakah Cara Untuk Menurunkan Risiko Kanker Paru Paru Ini Pada Perokok?

4. Bantu Menurunkan Berat Badan
Alpukat kaya akan lemak sehat, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan membuat kamu kenyang lebih lama. Maka dari itu, alpukat termasuk menu favorit dalam diet apa pun.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Menurut USDA, alpukat tidak mengandung kolesterol. Faktanya, alpukat bisa menjadi pilihan yang baik jika kamu ingin menurunkan kadar kolesterol jahat. Dikutip dari Mayo Clinic, bahwa makan satu buah alpukat sehari juga bagian dari diet sehat jantung.

6. Dongkrak Gairah Bercinta
Studi menunjukkan bahwa aliran darah yang meningkat berperan besar menciptakan gairah ke organ seksual. Di bagian itulah, alpukat dapat berperan berkat kandungan asam lemak omega-3-nya. Lemak sehat yang melimpah dalam alpukat itu bisa meningkatkan dan memperbaiki sirkulasi pada aliran darah.

Baca juga  3 Cara Jitu Cegah COVID-19, Ternyata Terbukti Secara Ilmiah!

Penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah pembentukan plak di arteri, sehingga meningkatkan aliran darah. Alpukat juga mengandung vitamin E, antioksidan yang dapat melebarkan pembuluh darah dan mengurangi kerusakan DNA sperma, menurut review tahun 2016 di Internal Journal of Reproductive BioMedicine.

NADIA RAICHAN FITRIANUR | POP SUGAR

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock