Ternyata Positif Corona Indonesia  Sudah Melampaui China, Ini Penyebabnya !

Ternyata Positif Corona Indonesia Sudah Melampaui China, Ini Penyebabnya !

Angka konfirmasi positif virus corona atau Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan dari hari ke hari. Dari data per Sabtu, 18 Juli 2020, angka konfirmasi positif corona sudah menembus 84.882 kasus.

Jika merujuk worldometers, angka konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia sudah melampaui China, negara yang pertama kali menjadi pusat wabah virus corona. Diketahui, angka positif Covid-19 di China saat ini hanya 83.644.

Dengan demikian, terdapat selisih 1.238 kasus antara Indonesia dengan China. Lantas, kenapa angka positif Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan hingga saat ini sudah melampaui China?

Menurut Epidemiolog dari Universitas Airlangga (Unair), Laura Navika Yamani, ada sejumlah faktor yang menjadikan angka kasus konfirmasi positif di Indonesia terus melonjak berdasarkan hasil analisisnya. Pertama, karena masifnya pelacakan (tracing) serta pengujian (testing).

Baca juga  Mengenal Angiosarkoma , Tumor pada Pembuluh Darah

“Ini dipengaruhi beberapa faktor, pertama karena peningkatan kapasitas testing dan tracing semakin meningkat,” ujar Laura saat dihubungi, Minggu (19/7/2020).

Kemudian, faktor lain yang menyebabkan angka kasus positif Covid-19 melonjak yakni, karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilonggarkan. Padahal, kasus corona di Indonesia belum sama sekali mengalami penurunan.

“Karena PSBB tidak lagi diterapkan tetapi sudah dilonggarkan maka ini akan memunculkan potensi penularan semakin meluas. Ini semakin bisa diperparah atau dipertinggi kasus penularannya jika masyarakat tidak menerapkan protokol kesehatan secara patuh dan disiplin,” pungkasnya.

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock