Kualitas udara Sydney merosot karena asap kebakaran menyelimuti kota

Kualitas udara Sydney merosot karena asap kebakaran menyelimuti kota

Asap tebal dari kebakaran besar telah menyelimuti Sydney, dengan kualitas udara di kota itu lebih buruk daripada Shanghai dan Bangkok pagi ini.
Asap telah mengepul dari api Gunung Gospers seluas 140.000 hektar di wilayah Hawkesbury dan kabut asap diperkirakan akan bertahan hingga sore ini.
Kabut asap meninggalkan kualitas udara di Sydney pagi ini sebagai yang terburuk ke-14 di dunia dalam Indeks Kualitas Udara Dunia, dengan CBD dan pinggiran kota di sekitarnya diselimuti kabut asap.

Orang dengan asma atau masalah pernapasan lainnya diperingatkan untuk tetap tinggal di dalam rumah, menghindari olahraga di luar ruangan dan mencari nasihat medis yang diperlukan.
Pada indeks kualitas udara Pemerintah NSW, pembacaan partikel halus hingga 66 sangat baik atau baik dan pembacaan lebih dari 200 berbahaya.
Di Rouse Hill, di barat laut kota, pembacaan partikel halus melonjak hingga 623 pagi ini.

Parramatta, Chullora, Camden dan Macquarie Park termasuk di antara mereka yang juga berada di wilayah berbahaya, sementara kualitas udara di Liverpool dan Camden dinilai sangat buruk.

Baca juga  Disney + sekarang tayang di Australia dan Selandia Baru: inilah cara mendaftar

Visibilitas juga pada tingkat berbahaya untuk sebagian besar negara bagian.
Sampai jam 8 pagi hari ini, ada 48 kebakaran yang masih menyala di NSW dengan 23 kebakaran tidak terkendali.
Bagian dari negara bagian di bawah bahaya kebakaran hebat saat ini adalah Greater Sydney, Greater Hunter, Illawarra-Shoalhaven, Ranges Selatan, dan daerah kebakaran Ranges Tengah.
Wilayah-wilayah ini, bersama dengan Lereng Utara dan wilayah Barat Laut, juga berada di bawah larangan api total.
Sebagian besar NSW timur berada di bawah bahaya kebakaran yang sangat tinggi.

The Sydney Harbour Bridge seen through smoke haze in Sydney, Tuesday, November 19, 2019. Sydney has awoken to a thick blanket of smoke as NSW residents are urged to “stay vigilant” amid severe fire dangers and a hot, windy weather forecast. (AAP Image/Joel Carrett) NO ARCHIVING

KAPAN AKAN ASAP JELAS?
Kualitas udara akan meningkat sore ini ketika perubahan selatan tiba.
Tetapi peningkatan aktivitas api dapat menyebabkan lebih banyak asap melayang ke arah kota.
“Asap itu terperangkap dalam lapisan udara dingin yang terbentuk di permukaan semalam, juga dikenal sebagai inversi suhu nokturnal,” kata Graeme Brittain dari Weatherzone.
“Ketika inversi rusak dan atmosfer menjadi lebih bercampur sepanjang hari, kualitas udara dapat sedikit meningkat.
“Namun, dengan meningkatnya kadar merkuri dan angin, kita bisa melihat api di barat laut Sydney menjadi lebih kuat, dan asap yang terkait terus dibawa ke atas kota.”

Baca juga  575 Ribu Sapi Australia Masuk Indonesia Tanpa Bea Masuk, Ini Alasannya

APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN UNTUK MELINDUNGI DIRI DARI ASAP?
Tetap di dalam ruangan, dengan jendela dan pintu tertutup, atau tetap di tempat ber-AC, jika memungkinkan.
Hindari olahraga keras, terutama jika Anda menderita asma atau kondisi paru-paru.
Tutupi hidung dan mulut Anda dengan masker yang dirancang untuk menyaring partikel halus. Gunakan masker yang diberi peringkat P1 atau P2. Ini tersedia dari toko perangkat keras. Masker P2 lebih efektif dalam memblokir partikel terbaik, namun masker apa pun harus dikenakan dengan benar di hidung dan mulut untuk melindungi Anda.
Jika kondisi asap berbahaya, otoritas kesehatan dapat menyarankan orang untuk menunda acara di luar ruangan atau mencari perlindungan di tempat ber-AC atau ruang udara bersih, jika ada.
Jika peristiwa kebakaran hutan berlangsung lama, seperti beberapa minggu, pertimbangkan tindakan pencegahan berikut untuk mengurangi paparan:
Manfaatkan setiap istirahat dalam kondisi berasap untuk mengudara rumah Anda, tetapi ingat untuk menutup rumah lagi ketika kondisinya memburuk.
Kurangi aktivitas fisik.
Jika Anda sangat rentan terhadap asap api, pertimbangkan untuk tinggal bersama teman atau kerabat yang rumahnya memiliki udara dalam ruangan yang bersih, atau meninggalkan area tersebut untuk lingkungan yang lebih bersih.

Baca juga  Penduduk Pulau K'gari-Fraser disuruh segera pergi karena kebakaran hutan mengancam Happy Valley Australia