Borussia Dortmund memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions usai menang 2-1 atas Slavia Praha

Borussia Dortmund memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions usai menang 2-1 atas Slavia Praha

Dortmund finis sebagai runner-up Grup F.

Matchday terakhir Grup F Liga Champions 2019/2020 mempertemukan Dortmund dengan Slavia. Pertandingan di gelar di Stadion Signal Iduna Park, Rabu (11/12/2019) dini hari WIB.

Dortmund unggul lebih dulu di babak pertama lewat sepakan Jadon Sancho, sebelum bisa disamakan Slavia via gol Tomas Soucek. Julian Brandt membawa Die Borussen kembali unggul di babak kedua.

Tim tuan rumah terpaksa bermain dengan sepuluh pemain di menit ke-77, usai Julian Weigl mendapatkan kartu kuning kedua. Namun hingga laga berakhir, skor 2-1 untuk kemenangan Dortmund tidak berubah.

Hasil ini membuat Dortmund mengoleksi poin 14 dan lolos ke babak 16 besar dengan status runner up di bawah Barcelona. Hal itu karena Inter Milan takluk dari Los Cules di waktu yang bersamaan.

Jalannya Pertandingan Borussia Dortmund vs Slavia Praha

Baca juga  Liga Inggris Tottenham Vs Hotspur Berakhir dengan Skor 1 – 0

Dortmund langsung tancap gas di babak pertama dan mencetak gol pada menit ke-10 lewat sepakan Jadon Sancho. Menerima umpan datar dari Marco Reus di sisi kanan, pemain asal Inggris itu dengan mudah menceploskan bola ke jala Praha. Skor 1-0 untuk Die Borussen.

Thorgan Hazard nyaris menggandakan kedudukan di menit ke-14. Berawal dari umpan terobosan Sancho ke kotak penalti, adik dari Eden Hazard itu melepaskan tendangan yang masih diblok kiper Ondrej Kolar.

Selanjutnya giliran Slavia yang memiliki peluang emas, saat Nicolae Stanciu nyaris menyamakan kedudukan. Memanfaatkan umpan silang Lukas Masopust, ia melepaskan tembakan yang masih bisa ditepis kiper Dortmund, Roman Buerki.

Reus mendapat peluang emas, usai memanfaatkan kesalahan nomor 24 dan menggiring bola ke kotak penalti. Tetapi tendangannya masih bisa ditepis Kolar.

Baca juga  Juara Copa America 2016, Chile, Berlaga Melawan Peru Dalam Pertandingan Perempat Final Copa America 2019

Milan Skoda mendapat peluang dari kotak penalti di menit ke-29, usai mendapat umpan silang matang dari sisi kanan. Namun bola masih bisa dihalau kiper Roman Buerki.

Slavia kembali mendapat peluang matang pada menit ke-32 lewat tendangan dari luar kotak penalti. Bola yang berbelok ke arah gawang itu berhasil ditepis oleh kiper.

Gol penyama kedudukan Slavia tercipta di menit ke-43. Melalui kerja sama apik dari garis tengah lapangan, Milan Skouda mengirim umpan silang dari kanan ke Tomas Soucek yang tanpa kesulitan merobek jala Dortmund. Skor menjadi sama kuat 1-1.

Kedudukan 1-1 menjadi penutup laga di babak pertama.

Setelah turun minum, Dortmund kembali berbalik unggul di menit ke-61. Memanfaatkan umpan Jadon Sancho dari sebelah kiri dekat kotak penalti, ia langsung melepaskan tembakan yang gagal dijangkau Koler. Kedudukan menjadi 2-1 untuk tuan rumah.

Baca juga  AC Milan Kalah 0-1 Dari Benfica Dalam International Champions Cup (ICC)

Pada menit ke-77 Die Borussen mesti bermain di sisa waktu dengan 10 pemain. Hal itu karena Julian Weigl mendapatkan kartu kuning kedua dari wasit dan harus diusir dari lapangan.

Unggul jumlah pemain, Slavia lebih leluasa menggempur pertahanan Dortmund. Ibrahim Traore nyaris menyamakan kedudukan lewat sundulannya, namun bola masih bisa dihalau kiper Buerki.

Petrs Sevicks melepaskan tembakan ke arah gawang di menit-menit akhir pertandingan, tetapi bola masih mampu diblok barisan pertahanan Dortmund. Stanciu mendapat peluang dari tendangan bebas di injury time, namun masih belum mampu membobol gawang tim tamu.

Skor 2-1 bertahan hingga laga berakhir.