Sejumlah pohon kedondong hutan berusia puluhan tahun di Bandar Lampung dinilai rawan tumbang

Sejumlah pohon kedondong hutan berusia puluhan tahun di Bandar Lampung dinilai rawan tumbang

Terlebih saat ini memasuki musim pancaroba adanya angin kencang.

Guna mengantisipasi terulangnya pohon tumbang, Walikota Bandar Lampung Herman HN mengintrusikan Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung untuk melakukan pemangkasan ranting puluhan pohon dan pohon yang mulai lapuk.

“Ya saya sudah intrusksikan ke Dinas Pertanian soal pohon tumbang ini, minta dipangkas yang dikira sudah lapuk dan akarnya tidak kuat,” kata Herman HN usai sidang Paripurna di DPRD Kota Bandar Lampung, Selasa, 5 November 2019.

Herman memberitahukan, pohon di Bandar Lampung yang diwajibkan untuk dipangkas sebagaian besar berjenis kendondong yang memang hasil tanam Dinas Pertanian yang sudah berusia puluhan tahun.

“Ya di Kota Bandar Lampung ini kan dominasi pohon kedondong, sehingga diintruksikan pemangkasan pohon kedondong,” jelas Pak Wali.

Baca juga  Persib Bandung Jadi Tuan Rumah dalam Laga Liga 1 2019

Setelah dilakukan penebangan, lanjutnya, di lokasi tersebut akan langsung dilakukan penanaman kembali benih pohon kendondong hutan dalam bentuk biji yang di tanam sehingga akarnya lebih kuat.

“Kalau dulu pohon kendondong ini yang ditanam kan bibit yang sudah tumbuh pohon hanya ditancapkan, jadi akarnya kesamping sehingga enggak kuat dia. Sekarang sudah ditebasin, ditanami bijinya biar akarnya tumbuh ke bawah jadi lebih kuat,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pertanian Agustini menjelaskan bahwa pihaknya melalui Bidang Pertamanan sudah melakukan penebangan pohon yang rapuh di Kota Bandar Lampung.

“Pemangkasan pohon kedondong hutan sudah berjalan dari bulan lalu, sampai sekarang masih fokus pemangkasan pohon. Setiap hari kita terus cek dan lakukan penebangan,” kata Agustini.

Baca juga  Message From The King Akan Kembali Tayang Di Transtv

Menurutnya, sebagian besar pohon yang rawan tumbang di wilayah Bandar Lampung adalah pohon kedondong hutan. Namun tidak menutup kemungkinan adanya pohon lain yang terbilang rapuh akan ikut dipangkas.

“Pemangkasan ini untuk mengantisipasi pohon tumbang menghadapi musim penghujan. Dan pohon kendodong ini sifatnya cabang lebih cepat tumbuh daripada batang pokok, sehingga akan lebih mudah tumbang,” ungkapnya.

Agustini mengungkapkan, jenis pohon kendondong hutan paling banyak di daerah Panjang di Jl. Yos Sudarso dan Jl. Basuki Rahmat, Telukbetung Utara. Sementara, pohon yang sudah dirapihkan diantaranya, di Jl. Sultan Agung, Jl. Cik Ditiro, Jl.Emir M. Noer, dan Jl. Teuku Umar.

“Kalau penebangan sekarang lagi kita fokuskan di Jl. Endro Suratmin Sukarame, di wilayah itu banyak pohon kedondong hutannya,” terangnya.

Baca juga  Sebuah Kapal Ikan, KM Maju Jaya Bersama, Terbakar di Pesisir Pantai Teluk Ambon

Menurutnya, saat ini kerawanan pohon tumbang sudah mulai berkurang, karena sebagian besar sudah dipangkas. Sesuai perintah Walikota Herman, kata Agustini, setelah dipangkas pohon kedondong akan dilakukan penanaman kembali.

“Sekarang enggak ada yang rawan lagi karena sebagian besar sudah kita pangkas. Dan yang kita pangkas pangkas ini, kita ganti yang bartu lagi,” pungkasnya.

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Tolong dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan ini.
Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock
Please turn AdBlock off