Sebentar Lagi Hari Raya Idul Adha, Ini Dia Jadwal Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah Lengkap dengan Keutamaannya

Sebentar Lagi Hari Raya Idul Adha, Ini Dia Jadwal Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah Lengkap dengan Keutamaannya

Puasa Sunnah menjelang hari raya Idul Adha tidak hanya puasa Arafah saja, ada pula puasa Tarwiyah dan puasa Dzulhijjah. Ketiganya memili waktu yang berbeda-beda namun dilaksanakan pada saat bulan Dzulhijjah.

Melansir dari laman NU Online, yang ditulis oleh Hengky Ferdiansyah, Dzulhijjah disebut sebagai salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, salah satunya dengan adanya kewajiban haji bagi yang mampu menunaikannya. Bagi yang tidak mampu dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah seperti sedekah, shalat dan puasa. Puasa Dzulhijjah adalah puasa sunnah yang dilakukan pada saat bulan Dzulhijjah.

Kesempatan beribadah tidak hanya diberikan kepada jama’ah haji saja, siapapun dapat memiliki kesempatan untuk beramal meskipun dalam bentuk yang berbeda-beda. Hal ini seperti anjuran dalam hadits riwayat Ibnu ‘Abbas yang ada di dalam Sunan At-Tarmidzi yang memiliki arti:

Baca juga  Fakta Menarik Jung Ye-in Lovelyz

Rasullullah SAW berkata: Tiada hari yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti sepuluh hari ini” (HR At-Tirmidzi)

Para ulama menganjurkan untuk melakukan puasa 9 hari mengacu pada hadits tersebut, yang dimulai saat awal memasuki bulan Dzulhijjah hingga 9 Dzulhijjah karena disaat 10 Dzulhijjah kita dilarang untuk berpuasa karena bertepatan dengan hari raya Idul Adha.

Sedangkan puasa Arafah berdasarkan hadits yang diriwayatkan Abu Qatdah rahimatullah, Rasullullah bersabda yang berarti:

Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas” (HR Muslim)

Sementara puasa Tarwiyah memiliki keutamaan yaitu menghapuskan (dosa) dua tahun, sedangkan menurut para ulama hadits ini dikatakan dhaif (kurang kuar riwayatnya) namun ulama memperbolehkan mengamalkan hadits yang dhaif dalam kerangka fadla’ilul a’mal (untuk memperoleh keutaman) dan hadits yang dimaksud tidak berkaitan dengan masalah aqidah dan hukum.

Baca juga  Ternyata Ini Dia Penyebab Suhu Dingin Di Indonesia yang Sempat Dirasakan Masyarakat

1. Puasa Dzulhijjah: 1 Dzulhijjah – 9 Dzulhijjah / 22 Juli – 30 Juli 2020
2. Puasa Tarwiyah: 8 Dzulhijjah / 29 Juli 2020
3. Puasa Arafah: 9 Dzulhijjah / 30 Juli 2020

Itulah jadwal puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah lengkap dengan keutamaannya.