René Favaloro: Siapa Ahli Bedah Yang Menghormati Google Doodle

René Favaloro: Siapa Ahli Bedah Yang Menghormati Google Doodle

René Favaloro, ahli bedah Argentina yang memperkenalkan bedah bypass arteri koroner dalam praktik klinis, yang dirayakan dengan Doodle Google saat ini. Lahir di La Plata pada 12 Juli 1923, René Gerónimo Favaloro menghabiskan 12 tahun pertama karirnya sebagai dokter medis di komunitas pedesaan Jacinto Arauz.

CCF Archive File

Dia menciptakan ruang operasi, melatih perawatnya sendiri, mendirikan bank darah lokal dan melatih pasien tentang cara mencegah penyakit umum. Pengalaman telah meninggalkannya dengan keyakinan lama bahwa perawatan kesehatan adalah hak asasi manusia yang mendasar, terlepas dari keadaan ekonomi.

Pada tahun 1962, ia pergi ke Amerika Serikat untuk berlatih di Klinik Cleveland, di mana ia bekerja dengan Mason Sones, seorang pelopor cineangiografi – membaca dan menafsirkan gambar koroner dan perut. Setelah mempelajari angiograf di Perpustakaan Sones, Favalaro yakin bahwa graft bypass arteri koroner dapat menjadi pengobatan yang efektif.

Baca juga  Gempa Mendekat ke Athena

Pada 9 Mei 1967, Favaloro mengoperasi seorang wanita berusia 51 tahun dengan arteri koroner kanan yang tersumbat. Memasang mesin jantung-paru, menghentikan jantungnya dan menggunakan vena dari kakinya untuk mengarahkan aliran darah di sekitar penyumbatan. Operasi bersejarah telah berhasil dan sejak itu prosesnya telah menyelamatkan banyak nyawa selama setengah abad terakhir.

Kembali ke Argentina pada awal 1970-an, Favaloro mendirikan Yayasan Favalaro di Buenos Aires. Pusat ini melayani pasien berdasarkan kebutuhan medis mereka dan bukan kemampuan mereka untuk membayar dan mengajarkan teknik-teknik inovatif Dr. Favaloro ke dokter di seluruh Amerika Latin.