Kabupaten Siak merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Riau

Kabupaten Siak merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Riau

Letaknya yang jauh dari Jawa membuat kabupaten ini tak banyak diketahui oleh banyak orang.

Restoran Kaum Jakarta mencoba memperkenalkan kabupaten yang indah serta unik ini melalui kulinernya. Kuliner daerah Siak saat ini bisa dinikmati karena Kaum Jakarta telah membawanya sebagai menu spesial sejak pertengahan November lalu.

“Dari segi makanan dan minuman. Kami sangat senang bisa ngulik ke dapur orang Siak. Dan kami melihat, Siak memiliki banyak jenis makanan serta minuman,” tutur Brand Director, Lisa Virgiano saat memperkenalkan menu baru Kabupaten Siak di Kaum Jakarta.

Sebagai menu selamat datang, Kaum Jakarta menyediakan dua menu yang terinspirasi dari Kabupaten Siak. Menu pertama adalah minuman Kunyit Bejanggo, dan makanan Bolu Kembojo atau kue Mojo, atau Bolu Riau.

Ada yang menarik dari minuman Kunyit Bejanggo. Minuman ini disajikan dengan gelas kecil sehingga hanya menghasilkan tiga tegukan saja.

Baca juga  Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kota Cimahi memberikan teguran keras kepada pemilik lahan kosong di Kampung Pasirbuntu, RT 1 RW 1, Kelurahan Cibeber, Kota Cimahi pada Rabu (3/10/2019)

Warna kuning muncul karena berasal dari kunyit. Selain kunyit minuman berisi kapulaga serta cengkeh, sehingga minuman itu terkesan memiliki wangi jamu.

Namun, rasanya jauh dari rasa jamu kebanyakan. Meskipun kunyitnya terasa, akan tetapi minuman ini terasa lebih segar karena manis dari air gula yang dicampurkan dalam minuman itu.

Rasa kapulaga dan cengkeh justru memberikan warna tersendiri. Beverages Manager dari Kaum Jakarta, Pius Hodimore Ebang, menyebut dia sengaja menggunakan bahan kunyit agar semakin erat dengan masyarakat.

“Tidak banyak orang menggunakan kunyit sebagai minuman. Orang biasanya tahu kunyit asam. Kita mencoba bawakan kunyit dan mengesankan bahwa kunyit bisa kita sajikan seperti ini,” tutur Pius kepada Republika.

Baca juga  Permukiman warga Ikatan Keluarga Besar Blang Lancang (IKBAL) di Kecamatan Muara I, Kota Lhokseumawe, Aceh, diserang puluhan orang tak dikenal (OTK) bersenjata tajam

Sebagai menu pembuka yang menemani Kunyit Bejanggo, Chef Rahmat turut menyajikan makanan ringan Bolu Riau. Bagi orang Siak, bolu ini biasa disebut Bolu Kemojo.

Ada alasan mengapa makanan ini disebut Kemojo. Sebab, makanan ini dicetak di cetakan berbentuk bunga kamboja yang sangat cantik.

Tampilannya sangat menawan. Warna hijaunya terasa pekat di bagian dalam, namun bagian pinggirannya berwarna cokelat dan sangat renyah jika digigit.

Uniknya, bolu dipotong dengan sangat rapi sehingga menampilkan tekstur bagian dalam yang sangat padat. Meskipun pada pinggirannya sangat renyah, namun bagian dalam bolu empuk dan lembut di mulut.

Rasanya hampir mirip kue lumpur yang biasa kita makan di Pulau Jawa. Karena Chef Rahmat menggunakan air pandan dan daun suji, maka makanan ini memiliki warna hijau yang kuat dan wangi pandan sehingga menggugah selera.

Baca juga  Titiek Soeharto Komentari Tentang Kerusuhan 22 Mei

“Pastinya seperti membuat bolu biasa, yaitu tepung terigu, telur, gula, mentega. Sangat sederhana. Prosesnya dioven sampai 45 menit,” jelas Chef Rahmat.

Dia menyebut menu Bolu Kemojo ini memang diadopsi dari makanan khas Siak. Saat mengunjungi Kabupaten Siak, Chef Rahmat sering sekali melihat makanan ini dijual di sana.

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Tolong dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan ini.
Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock
Please turn AdBlock off