Hari Bhayangkara, Polri mengadakan SIM gratis untuk masyarakat

Hari Bhayangkara, Polri mengadakan SIM gratis untuk masyarakat

Hari ini, 1 Juli 2020 bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara. Memperingati Hari Bhayangkara, Polri mengadakan SIM gratis untuk masyarakat.

SIM gratis itu diberikan untuk warga yang berulang tahun tepat pada HUT Bhayangkara, yakni 1 Juli. Dalam pembuatan SIM gratis, masyarakat tidak perlu membayar biaya pembuatan SIM atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Adapun PNBP untuk pembuatan SIM baru antara lain SIM A Rp 120.000 dan SIM C Rp 100.000. Sementara PNBP untuk perpanjangan SIM adalah SIM A Rp 80.000 dan SIM C Rp 75.000. Dan khusus pada Hari Bhayangkara, PNBP tersebut tidak dibebankan kepada warga yang lahir pada 1 Juli.

Menurut Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf, lebih dari 4.000 orang mendapatkan SIM gratis dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara. SIM gratis ini hanya untuk SIM A dan SIM C dengan syarat membawa e-KTP asli dan fotokopi, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori dan praktik serta membawa SIM asli untuk proses perpanjangan.

Baca juga  Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) Mengusulkan 8 Rancangan Percepatan Pembangunan Pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

“Sampai saat ini, jumlah warga yang sudah mendaftar program SIM gratis ini sebanyak 4.308 orang di seluruh Indonesia,” kata Yusuf seperti dilansir Antara.

Kebijakan SIM gratis ini tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri Jenderal Idham Azis bernomor ST/1671/VI/YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020 yang ditandatangani Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.

Dalam surat telegram itu disebutkan layanan penerbitan SIM di Satpas setiap daerah di seluruh Indonesia diminta untuk memberikan pelayanan khusus dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74.

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock