Kebakaran Melanda Gedung Laboratorium MA Amaliyah GUPPI Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Kerugian Mencapai Rp 500 Juta

Kebakaran Melanda Gedung Laboratorium MA Amaliyah GUPPI Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Kerugian Mencapai Rp 500 Juta

Kepala Yayasan Amaliyah, Muhammad Riadi, mengatakan selain menghanguskan dua ruangan, sejumlah komputer yang berada di dalam laboratorium pun ikut terbakar.
“Ada sekitar 50 unit komputer yang ikut terbakar, kerugian diperkirakan Rp 500 juta,” kata Riadi, Selasa (17/9).
Kasat Reskrim Polres Mamuju, AKP Syamsuriansah, mengatakan pihaknya saat ini sudah meminta keterangan sejumlah saksi terkait kebakaran tersebut. Termasuk salah seorang siswa MA Amaliyah Guppi, Al Jabbar (19), siswa kelas III yang tinggal di sekolah dan diduga menjadi awal pemicu terjadinya kebakaran.
“Dugaan sementara kebakaran ini bermula dari salah seorang siswa yang membakar sampah di dekat gudang laboratorium. Siswa ini kemudian pulang mandi, dan api dari sisa-sisa pembakaran sampah ini yang kemudian merembet membakar gedung laboratorium,” kata Syamsuriansah, Selasa (17/9).
Menurutnya, Al Jabbar terancam dijerat pasal 359 tentang kelalaian atau ketidaksengajaan sehingga mengakibatkan terbakarnya dua ruangan sekolah tersebut. “Tetapi untuk sementara kita masih melakukan pengembangan,” tandasnya.
Adapun kronologis dari kebakaran yang melanda dua gedung laboratorium MA Aliyah Guppi Mamuju itu sebagai berikut:
Pukul 06.00 WITA, salah seorang siswa MA Aliyah Guppi, Al Jabbar (19), siswa kelas III yang tinggal di sekolah membakar sampah di samping gudang penyimpanan barang yang tak jauh dari gedung laboratorium komputer. Usai membakar sampah, Al Jabbar mematikannya untuk pulang mandi dan berganti seragam sekolah.
Namun diduga, saat ditinggalkan api sisa pembakaran sampah tersebut belum sepenuhnya mati.
Pukul 07.00 WITA: Api membesar dan membakar dua gedung laboratorium, termasuk laboratorium komputer, serta ruangan guru dan ruangan kelas. Siswa yang baru datang di sekolah pun kemudian panik dan berusaha memadamkan api dengan cara seadanya.
Pukul 07.05 Wita: Empat unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Mamuju tiba di lokasi untuk memadamkan api.
Pukul 08.00 WITA: Api baru bisa dipadamkan oleh tim Damkar.
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 500 juta.

Baca juga  BPS : Pertumbuhan Ekonomi Negatif Merupakan Pertama Kalinya Sejak Periode 1998 atau Ketika Indonesia Mengalami Krisis Finansial Asia
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock