SUB DISIPLIN AKUNTANSI

SUB DISIPLIN AKUNTANSI

Sub Disiplin Akuntansi

Akunting memiliki beberapa sub disiplin termasuk akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, auditing, perpajakan, dan sistem informasi akuntansi.

Akuntansi Keuangan
Akuntansi keuangan berfokus pada pelaporan suatu informasi keuangan sebuah organisasi untuk penggunaan eksternal seperti investor, pemerintah, dan distributor. Akuntansi keuangan menghitung dan mencatat transaksi bisnis dan mempersiapkan laporan keuangan untuk penggunaan eksternal berdasarkan prinsip akunting yang secara umum telah disepakati atau generally accepted accounting principles (GAAP). Akuntansi keuangan menghasilkan laporan masa lalu. Contoh, laporan keuangan yang disusun pada tahun 2006 adalah laporan keuangan pada tahun 2005.

Akuntansi Manajemen
Akuntansi manajemen berfokus pada penghitungan, analisa, dan pelaporan informasi yang dapat membantu manajer dalam membuat keputusan hingga memenuhi target pencapaian suatu organisasi. Dalam akuntansi manajemen, penghitungan dan pelaporan internal didasari oleh analisis biaya manfaat dan tidak perlu mengikuti GAAP. Pada tahun 2014, CIMA membuat Global Management Accounting Principles (GMAPs). GMAPs merupakan hasil penelitian di 20 negara di lima benua. Prinsip ini memberikan petunjuk praktek terbaik akuntansi manajemen. Akuntansi manajemen menghasilkan laporan masa depan. Contoh, anggaran untuk tahun 2006 telah disiapkan pada tahun 2005.

Baca juga  KULIAH JURUSAN AKUNTANSI, BELAJAR APA? SEKILAS TENTANG JURUSAN AKUNTANSI

Auditing
Auditing adalah verifikasi pernyataan yang dibuat oleh orang lain mengenai hasil. Dalam konteks akuntansi, auditing merupakan “pemeriksaan tanpa memihak dan evaluasi terhadap laporan keuangan suatu organisasi”.

Sebuah audit terhadap laporan keuangan bertujuan untuk menyampaikan atau menyangkal sebuah isi dalam laporan keuangan. Auditor menyampaikan pendapatnya terhadap keseimbangan yang menunjukkan posisi keuangan dalam sebuah laporan keuangan, hasil operasi, dan arus kas dalam sebuah entitas berdasarkan GAAP. Seorang auditor juga perlu mengidentifikasi keadaan ketika GAAP tidak dijadikan patokan.

Sistem Informasi Akuntansi
Sistem informasi akuntansi adalah bagian dari sistem informasi suatu organisasi yang berfokus dalam memproses data kuantitatif.

Akuntansi Pajak
Akuntansi pajak atau akuntansi perpajakan adalah akuntansi yang diterapkan dengan tujuan untuk menetapkan besarnya pajak terutang. Fungsi akuntansi pajak adalah untuk mengolah data kuantitatif yang akan digunakan untuk menyajikan laporan keuangan yang memuat perhitungan perpajakan.

Baca juga  5 TIPS SUKSES BERKARIR SEBAGAI STAF ADMIN