PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG KEDOKTERAN

PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG KEDOKTERAN

Sistem Informasi Rumah Sakit
Sistem Informasi rumah sakit adalah sebuah Sistem Informasi yang terintegrasi yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen rumah sakit. Adapun beberapa contoh mengenai Sistem Informasi ,yaitu :
1. Pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien
Pasien wajib mendapatkan pelayanan oleh pihak rumah sakit,tentunya pasien akan diperiksa oleh dokter melalui beberapa pemeriksaan dan tindakan. Tentunya dokter dan pasien akan saling berkomunikasi dan menghasilkan Rekam medis,Informed consent(persetujuan yang diberikan oleh pasien kepada dokter untuk berbuat sesuatu setelah mendapatkan penjelasan atau informasi.),Resep,Laporan-laporan medis.
2. Rekam Medis
Rekam medis/kesehatan adalah rekaman dalam bentuk tulisan atau gambaran aktivitas pelayanan yang diberikan oleh pemberi pelayanan medis/kesehatan kepada seorang pasien.Rekam medis/kesehatan meliputi : identitas lengkap pasien, catatan tentang penyakit (diagnosis, terapi, pengamatan perjalanan), catatan dari pihak ketiga, hasil pemeriksaan laboratorium, foto rontgen, pemeriksaan USG, dan lain-lain serta resume.Rekam medis/kesehatan harus dibuat segera dan dilengkapi seluruhnya paling lambat 48 jam setelah pasien pulang atau meninggal.
3.SmartCard
Smart Card dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.
4.Komputer
Komputer memudahkan untuk pendaftaran dan penagihan biaya.
Pemanfaatan Teknologi Komputer pada Peralatan Medis
Teknologi medis yang canggih merupakan alat untuk para dokter,dan alat bantu untuk para dokter,dan alat bantu akan mengurangi beban perawat. Kemajuan dalam layanan medis,termasuk alat medis dengan sistem komputerisasi yang canggih.
Adapun beberapa peralatan medis yang menggunakan sitem komputer,yaitu:
1.CT Scan
CT Scan menggabungkan serangkaian pemindaian X-ray yang diambil dari berbagai sudut yang berbeda. Kemudian komputer akan memproses sehingga menghasilkan gambar tulang dan jaringan lunak di dalam tubuh. CT Scan juga melakukan diagnosis kelainan otot dan tulang, seperti tumor atau retak pada tulang.Menentukan lokasi tumor, infeksi, atau bekuan darah.Memandu prosedur medis ketika melakukan operasi, biopsi, atau terapi radiasi.Mendeteksi dan memonitor kondisi dan penyakit tertentu, seperti kanker, sakit jantung, nodul pada paru-paru, dan massa pada hati.Mencari tahu cedera atau pendarahan internal.
2.Sinar X
Sinar X dapat digunakan untuk melihat kondisi tulang, gigi serta organ tubuh yang lain tanpa melakukun pembedahan langsung pada tubuh pasien. Biasanya, masyarakat awam menyebutnya dengan sebutan ‘’FOTO RONTGEN’’. Sinar-X digunakan untuk mengambil gambar foto yang dikenal sebagai radiograf. Sinar-X boleh menembusi badan manusia tetapi diserap oleh bahagian yang lebih tumpat seperti tulang. Gambar foto sinar-X digunakan untuk mengesan kecacatan tulang, mengesan tulang yang patah dan menyiasat keadaan organ-organ dalam badan.
3.USG
USG mengetahui bagian dalam tubuh tanpa ada pembedahan,seperti proses penglihatan pada janin.
4.Fakoemulsifikasi
Fakoemulsifikasi adalah operasi katarak tanpa jahitan dengan menggunakan alat medis yang sudah canggih.
5. Adapun beberapa oprasi yang menggunakan alat medis yaitu :
-Operasi jantung Bypass
-Perubahan Jender
-Bedah Kecantikan Wajah
6. Sistem CAT (Computerized Axial Tomography) digunakan untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan cara menggunakan sinar-X.
Sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstructor), yaitu melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh.
SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography), merupakan suatu sistem komputer yang mempergunakan gas radioaktif untuk mendeteksi partikelpartikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar
PET (Position Emission Tomography) merupakan suatu sistem komputer yang menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif
NMR (Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen. Dengan munculnya pemanfaatan komputer dalam bidang kedokteran, hal tersebut sangat membantu seorang dokter dalam mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat.
Informasi dan Konsultasi Kesehatan Online
Informasi dan Kosultasi Kesehatan Online yaitu merupakan layanan penyediaan Informasi dan Konsultasi tentang masalah kesehatan secara online.

Baca juga  PENGERTIAN ADMINISTRASI MENURUT PARA AHLI