Jenis Pekerjaan Manajemen Perkantoran

Jenis Pekerjaan Manajemen Perkantoran

Walaupun pekerjaan yang terlibat dalam manajemen perkantoran sangat bervariasi di setiap perusahaan, tugas dasar manajer kantor kurang lebih sama. Manajer kantor mengawasi kelancaran administrasi perusahaan, memastikan ketersediaan sumber daya, serta mempekerjakan, memecat, melatih, dan mempromosikan karyawan. Di bawah ini adalah gambaran singkat mengenai manajemen perkantoran di beberapa bidang:

1. Manajemen Perkantoran Perusahaan
Jika suatu perusahaan memiliki banyak cabang, maka sudah pasti ada manajer di setiap cabang tersebut. Manajer pusat, yang biasanya ditempatkan di head office, bertugas untuk mengawasi semua manajer cabang, jadi pekerjaannya kadang mengharuskannya untuk pergi dari satu branch ke branch lainnya. Selain itu, tanggung jawab manajer kantor adalah merencanakan pendekatan baru untuk pengelolaan sumber daya manusia, kampanye pemasaran, dan urusan bisnis lainnya.

2. Manajemen Perkantoran Medis
Manajemen perkantoran medis membutuhkan pengetahuan yang rinci mengenai anatomi makhluk hidup, prosedur laboratorium, serta undang-undang pelayanan kesehatan. Manajer kantor medis biasanya bekerja di kantor dokter untuk mengawasi semua asisten medis. Tidak hanya itu, manajer kantor medis juga bertanggung jawab terhadap kerahasiaan data pasien dan pembuangan limbah medis yang tepat.

Baca juga  Sejarah Manajemen

3. Manajemen Perkantoran Hukum
Apakah Anda ingin turut berperan dalam manajemen perkantoran hukum? Jika iya, maka Anda membutuhkan pengalaman hukum praktis dan pemahaman yang luas tentang prosedur hukum. Tugas utama dari manajer kantor hukum adalah mengelola karyawan dan workload, keuangan, publikasi, pemasaran, dan lain-lain. Manajemen perkantoran yang buruk tidak hanya mempengaruhi efisiensi dari suatu firma hukum, tetapi juga berdampak pada relasi, lingkungan, dan kualitas pekerjaan secara keseluruhan. Maka dari itu, seorang manajer kantor harus memiliki manajemen waktu yang baik, menetapkan peraturan yang kuat dan fleksibel, serta menghindari kegiatan yang tidak produktif.

4. Manajemen Perkantoran Virtual
Alih-alih bekerja untuk satu bisnis pada satu waktu sebagai karyawan penuh waktu, manajer kantor virtual sering bekerja untuk beberapa perusahaan kecil secara paruh waktu. Penyebabnya adalah kecenderungan perusahaan kecil untuk merekrut manajer kantor virtual sebagai pekerja kontrak. Maraknya pekerjaan jarak jauh membuat manajer kantor virtual terlihat sebagai pilihan yang menarik bagi perusahaan kecil yang masih berkembang dan belum membutuhkan manajer on-site.

Baca juga  Jenis-Jenis Pekerjaan Kantor

Pada era pandemi saat ini, istilah work from home tidak asing lagi bagi karyawan. Work from home yang tidak diatur secara benar akan menimbulkan kekacuan juga tidak efektif. Oleh karena itu, gunakan work from home app untuk mengoptimalkan kerja dari rumah dengan memantau memantau jam kerja karyawan, monitor dan delegasi tugas, hingga menghitung gaji.
Kesimpulan manajemen perkantoran
Manajemen perkantoran melibatkan berbagai tanggung jawab yang berhubungan dengan efektivitas dan efisiensi kantor. Ada beberapa fungsi yang harus dijalankan, seperti perencanaan, staffing, komunikasi, dan koordinasi. Ragam jenis manajemen perkantoran dapat Anda temukan di berbagai industri.
Untuk mempermudah manajemen perkantoran, Anda bisa menggunakan Software ERP dari HashMicro yang dilengkapi berbagai fitur terbaik. Jalankan kegiatan operasional bisnis Anda, seperti pengelolaan arus kas, pembuatan laporan analitik penjualan, dan pengajuan pembelian di setiap cabang dengan efisien.

Baca juga  AKUNTANSI PENURUNAN NILAI ASET