Ini Cara Lengkap Menggunakan Google Classroom, Beserta Fitur dan Fungsinya

Ini Cara Lengkap Menggunakan Google Classroom, Beserta Fitur dan Fungsinya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pekan lalu menyatakan hanya akan mempermanenkan ketersediaan berbagai platform Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Baik yang bersifat daring maupun luring, yang selama ini telah ada untuk mendukung siswa dan guru dalam proses belajar mengajar selama masa pandemi corona.

Dengan perpindahan paksa ke pengajaran online jarak jauh, banyak guru berpengalaman telah dikeluarkan dari zona nyaman mereka. Para guru harus menghadapi keterampilan dan teknik baru dengan sedikit atau tanpa waktu persiapan.

Ada banyak platform yang digunakan untuk mengajar dari situs pendidikan spesialis ke situs komunikasi umum dan email yang menyertainya. Salah satu platform yang memiliki manfaat paling tidak terlihat familier adalah Google Classroom, layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah.

Google Classroom bertujuan untuk menyederhanakan cara membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas dengan cara tanpa kertas. Layanan gratis yang menyediakan sekolah atau distrik pendidikan Anda telah mendaftar untuk G Suite untuk paket pendidikan berbayar.

Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa dan memungkinkan komunikasi. Ada sejumlah panduan tutorial yang tersedia di YouTube yang membantu Anda memahami hal itu. Berikut cara menggunakan Google Classroom, beserta fitur dan fungsinya:

Fungsi Google Classroom

Google Classroom adalah alat berbasis web gratis yang dikembangkan oleh Google. Saat itu diperkenalkan pada 12 Agustus di tahun 2014.

Baca juga  Update Daftar Harga HP Oppo Terbaru Juli 2020

Aplikasi ini digunakan oleh para guru dan siswa, untuk berbagi file di antara mereka. Di Google Classroom, guru dapat membuat tugas untuk siswa, dan juga dapat mengumpulkan tugas dari mereka. Baik guru dan siswa dapat bekerja tanpa menggunakan kertas dalam aplikasi ini.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan saat belajar secara daring (online) dengan Google Classroom:

  • Berbagi materi pelajaran/silabus
  • Memberikan/mengirimkan tugas
  • Mengadakan ujian/kuis
  • Tanya jawab secara interaktif
  • Melihat tugas mendatang lewat Google Calendar

Selain berbagai manfaat di atas, Google Classroom cocok dijadikan opsi untuk belajar online karena platform ini gratis, bisa dijangkau siapa saja yang menggunakan smartphone, dan relatif aman.

Fitur Goggle Classroom

Di bawah Google Classroom, siswa dan guru memiliki akses ke fitur yang tidak ditemukan di akun Google pribadi. Misalnya, dalam Google Formulir, guru dapat menambahkan gambar ke pertanyaan atau sebagai jawaban pilihan ganda.

Kotak masuk oleh Gmail memiliki pesan Kelas yang dikelompokkan dalam Kotak Masuk, sehingga memudahkan guru dan siswa untuk menemukan pembaruan dan sorotan penting. Juga, alat Google Classroom memungkinkan guru mengatur kelas dengan menambahkan topik ke posting, dan guru dan siswa dapat menyaring topik tertentu.

Google Classroom juga mendorong partisipasi orang tua. Guru dapat mengundang orang tua ke Google Classroom untuk berbagi ringkasan pekerjaan siswa dan menerima ringkasan email otomatis tentang pekerjaan siswa dan pengumuman kelas.

Baca juga  Vivo X50 Rilis, Spesifikasi Kamera Fotografi dan Performa Berani Diadu

Ringkasan fitur Google Classroom mencakup sebagai berikut:

  • Menghubungkan instruktur dengan siswa.
  • Memudahkan membuat kelas dan mengundang peserta didik.
  • Membantu instruktur untuk mendistribusikan tugas.
  • Memfasilitasi komunikasi antara instruktur dan siswa.
  • Mengizinkan guru membuat, meninjau, dan menandai tugas.
  • Mengizinkan siswa melihat tugas pada tugas, dokumen, dan materi kelas di satu tempat.

Berikut ini adalah berbagai fitur Google Classroom:

  1. Tugas
  2. Pengumuman
  3. Komunikasi
  4. Kalender Google
  5. Formulir Google
  6. Aplikasi Seluler
  7. Pribadi

Cara Menggunakan Google Classroom

Login ke Google Classroom

  1. Masuk ke aplikasi Google Classroom atau akses lewat peramban di PC Anda. Kunjungi halaman https://classroom.google.com/
  2. Klik Get Started, dan pilih alamat surel (email) Google yang ingin digunakan untuk bergabung di Google Classroom.
  3. Tekan tanda plus (+) di pojok kanan.
  4. Ada dua pilihan, yaitu Join Class dan Create Class. Jika Anda bermaksud untuk bergabung di salah satu kelas, pilih Join Class.
  5. Masukkan 7 digit Class Code yang sudah diberikan terlebih dahulu. Jika dosen/guru Anda belum memberikan class code, segeralah memintanya.
  6. Jika sudah tergabung ke dalam kelas, Anda bisa melihat tugas atau materi yang dibagikan pengajar di Stream atau Classwork.

Cara Membuat Google Classroom

  1. Masuk ke aplikasi Google Classroom atau akses lewat peramban di PC Anda.
  2. Klik Get Started, dan pilih alamat surel (email) Google yang ingin digunakan untuk bergabung di Google Classroom.
  3. Tekan tanda plus (+) di pojok kanan.
  4. Ada dua pilihan, yaitu Join Class dan Create Class. Pilih Create Class.
  5. Ada dua pilihan role, yaitu teacher/student. Anda bisa memilih salah satunya.
  6. Isi kolom class name, section, subject, dan room.
  7. Setelah kelas dibuat, Google Classroom akan otomatis generate class code. Anda bisa membagikan class code ini kepada para murid agar bisa Join Class.
  8. Pada bagian Classwork, Anda bisa mengunggah materi, memberikan tugas, atau mengadakan kuis.
  9. Agar lebih mudah dan hemat waktu, pertanyaan kuis tidak perlu diketik satu per satu di bagian question/pertanyaan. Jadikan satu file, kemudian unggah dengan klik Add.
  10. Jangan lupa tetapkan skor maksimum yang bisa didapat pelajar dan tenggat waktu (due). Kemudian klik Assign.
  11. Lakukan hal yang sama untuk memberikan tugas berupa daftar pertanyaan. Jadikan satu file, kemudian unggah dengan klik Add.
  12. Jangan lupa tetapkan skor maksimum yang bisa didapat pelajar dan tenggat waktu (due). Kemudian klik Ask.
Baca juga  Jangan Dibiarkan, Ini Tanda Kamu Harus Turunkan Berat Badan

Demikian cara mudah membuat Google Classroom dan menggunakannya untuk proses belajar mengajar.