Sejarah Teknologi Informatika

Pada dasarnya informasi disebarkan oleh manusia dengan menciptakan sebuah alat, sistem ataupun kode tertentu agar dapat berkomunikasi dan saling berinteraksi. Pada jaman pra sejarah misalnya, informasi disampaikan dan disebarkan menggunakan gambar-gambar atau lukisan-lukisan kecil yang dituliskan pada tembok gua, batu dan lainnya. Ada pula yang menggunakan bahasa tubuh dengan menggerakkan tangan, bahasa isyarat seperti membuat api sehingga timbul asap atau membuat bunyi-bunyian agar didengar dan diketahui oleh manusia lainnya.

Kata teknologi berasal dari bahasa Prancis yaitu la teknique yang memiliki arti adalah sarana atau alat yang digunakan untuk menyediakan barang yang dibutuhkan oleh manusia demi kenyamanan dan keberlangsungan hidup, sedangkan kata informasi berasal dai bahasa Prancis kuno yaitu informacion yang memiliki arti garis besar, konsep dan ide. Teknologi informasi secara terus menerus dikembangkan agar dapat membantu manusia untuk membuat sebuah berita informasi, menyimpan dan mengubah agar lebih mudah untuk disebarkan kepada khalayak luas.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli
Jenis-Jenis Informasi
Sejarah Radio di Indonesia
Macam-macam Media Komunikasi
Teknologi Informasi dan komunikasi yang berkembang dengan sangat pesat sekarang ini menggunakan teknologi perangkat keras hardware dan perangkat lunak software dengan ukuran yang kecil namun kemampuan dan kapasitasnya sangat tinggi. Perkembangan ini juga membuat berbagai kegiatan kita dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, bahkan teknologi informasi telah digunakan pada sistem pemerintahan seperti e-government, e- commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dan lainnya.

Semua perkembangan itu tidak terlepas dari sejarah perjalanan panjang para peneliti maupun para ilmuwan yang berusaha untuk terus memperbaiki dan mengurangi kelemahan dari sebuah teknologi informasi dan komunikasi. Mungkin banyak yang belum tau dan bahkan mungkin tidak tau sama sekali mengenai Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi yang kita nikmati sekarang ini. Untuk itu, kali ini kita akan membahas secara detail mengenai Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan komunikasi di dunia ini yang akan kita bagi ke dalam 3 bagian, yaitu Masa pra-sejarah, Masa sejarah, dan Masa modern.