Hikmah Beriman kepada Malaikat

Percaya kepada malaikat adalah rukun iman yang kedua. Semua Muslim harus percaya pada keberadaan malaikat dan kewajiban mereka.
Malaikat adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT dari cahaya. Tidak ada yang mengetahui jumlah malaikat selain Allah. Tapi ada sepuluh malaikat dan kewajiban mereka untuk percaya. Dengan percaya kepada malaikat, semua umat Islam diharapkan mendapatkan hikmah.
Hikmah beriman kepada malaikat adalah:

  1. Meniru sifat bidadari yang taat beribadah kepada Allah SWT
    Malaikat adalah yang paling taat kepada Tuhan. Malaikat selalu menyembah dan melakukan perintah Tuhan sesuai dengan surat ayat 206 di tembok tinggi.
    “Sesungguhnya para malaikat di hadapan Tuhanmu tidak ragu-ragu untuk menyembah Allah, mengagungkan Allah dan sujud hanya kepada-Nya,” kata Allah dalam Mazmur 206 Tembok Tinggi.
    Dengan percaya kepada malaikat, manusia selalu bisa meniru perilaku malaikat taat yang beribadah kepada Allah SWT.
  2. Selalu melakukan perbuatan baik dan menghindari dosa
    Percaya kepada malaikat juga berarti percaya pada kewajiban malaikat, salah satunya adalah kewajiban malaikat Raqib dan Atid. Malaikat Rakib bertugas mencatat perbuatan baik, dan Malaikat Atid bertugas mencatat dosa manusia.
    Oleh karena itu, selalu ada malaikat yang mencatat perbuatan baik dan buruk manusia, dan setiap orang harus bisa bertindak dengan benar.
    Pekerjaan malaikat ini mengikuti surat-surat dalam ayat 16-18 dari Anak Sapi.
    Sesungguhnya Kami telah menciptakan seorang laki-laki dan mengetahui isi hatinya. Dan ketika dua malaikat mencatat perbuatannya, (yaitu) ketika dua malaikat mencatat perbuatannya, Dia mengetahui isi hatinya. Kecuali jika ada malaikat pelindung di dekatnya, dia akan berkata, “Sebuah terjemahan dari surat Cuff, ayat 16-18.
  3. Percaya bahwa dunia memiliki akhirat
    Beberapa kewajiban malaikat untuk percaya berkaitan dengan kehidupan setelah dunia ini.
    Malaikat Israel bertanggung jawab atas pembunuhan, dan malaikat Munkal dan Nakir bertanggung jawab untuk memeriksa silang dan memeriksa perilaku manusia di kuburan. Malaikat Malik dan Lidowan bertugas menjaga Gerbang Surga dan Neraka.
    Hikmah mempercayai malaikat juga bisa membuat orang percaya bahwa ada kehidupan di dalam kubur dan di akhirat. Manusia diharapkan selalu menjalankan perintah Allah, menghindari kontradiksi, dan masuk surga.
  4. Percaya pada makanan Allah SWT
    Malaikat Michael bertindak sebagai perantara untuk menyediakan makanan dari Tuhan kepada umat manusia. Dengan percaya pada malaikat, semua manusia harus selalu berusaha dan percaya bahwa Tuhan memberi mereka makan. Makanan yang diberikan juga termasuk pertolongan dari Allah.
    “Manusia selalu memiliki malaikat yang mengikutinya secara bergiliran sebelum dan sesudah Tuhan. Mereka melindunginya dengan perintah Tuhan. Faktanya, Tuhan menjaga kondisi manusia sampai mereka mengubah situasinya sendiri. Aku tidak akan berubah …” kata Tuhan dalam ayat sebelas.
  5. Iman yang sempurna kepada Allah SWT
    Hikmah beriman kepada malaikat adalah menambah dan menyempurnakan keimanan kepada Allah SWT. Pasalnya, percaya kepada malaikat merupakan salah satu dari enam rukun iman yang harus diyakini.
    Keimanan Allah yang tumbuh kepada SWT dibuktikan dengan pendekatannya yang terus-menerus kepada Allah dan penghindaran dari larangan-Nya.
    Kami melakukan kebijaksanaan percaya pada malaikat, rukun iman kedua.