Trending, Gempa Terkini

Gempa Senin pagi tanggal 3 Mei 2021 merupakan gempa kedua di Banda Aceh sejak akhir pekan lalu. Untuk wilayah Aceh secara keseluruhan, gempa keenam yang bisa diguncang.

Gempa terakhir terjadi pada pukul 03.49WIB, dengan intensitas yang diukur pada skala magnitudo 4,8. Menurut Badan Meteorologi, Iklim dan Geofisika, gempa terjadi 94 kilometer barat daya Kota Savan. Kedalaman, 49 kilometer.

Intensitas gempa diukur dengan skala MMIIV Banda Aceh atau sudah tergolong gempa ringan. Skala ini ditunjukkan dengan guncangan gempa siang hari yang dirasakan banyak orang di dalam rumah dan sebagian di luar rumah. Tembikar pecah, jendela dan pintunya berderit, dan dindingnya berdecit.

Sebelumnya, gempa mengguncang wilayah Aceh hingga empat kali pada Sabtu, 1 Mei 2021 dan satu kali pada Jumat malam. Secara keseluruhan, BMKG disebutkan hanya dirasakan di savant sampai skala MMI III, atau gempa itu benar-benar terasa di dalam rumah.

Gempa pada hari Jumat melanda pukul 23.43 WIB, dan Banda Aceh terasa lebih kuat dari Savan. Dengan kata lain, skala MMI III. Intensitas gempa terbesar hingga saat ini menjadi yang terkuat yang tercatat oleh BMKG dari rangkaian gempa terbaru yang mengguncang Aceh, dari 5,3M.