Twitter dan Facebook Menerapkan WFH untuk Selamanya

Wabah virus corona (COVID-19) asal Wuhan, China telah memaksa orang-orang untuk menjaga jarak demi mencegah dari tertular. Di mana salah satu imbasnya telah membuat sistem kerja jarak jauh atau kerja dari rumah (work from home/WFH) lumrah terjadi di tengah pandemi.

Bahkan, berbagai perusahaan di Indonesia juga telah menerapkan aturan tersebut pada Maret lalu, ketika wabah COVID-19 mulai terdeteksi di Indonesia. Namun demikian, kini telah banyak perusahaan yang mulai menerapkan aturan new normal atau normal baru dan membolehkan pekerjanya untuk kembali ke kantor.

Tapi, apa yang ditempuh perusahaan-perusahaan itu berbeda dengan beberapa perusahaan raksasa di Amerika Serikat (AS), yang ternyata membiarkan karyawannya untuk melakukan WFH untuk jangka panjang.

Sebagaimana yang dilaporkan, beberapa perusahaan di AS membolehkan karyawannya untuk WFH hingga setidaknya 2021, dan beberapa bahkan membolehkan para pekerja untuk WFH selamanya.

Salah satu perusahaan yang menerapkan aturan WFH selamanya adalah Twitter. Perusahaan media sosial populer itu mengumumkan sebagian karyawannya dapat bekerja dari rumah secara permanen pada Mei lalu.

Terbaru pada pekan lalu, Google telah mengumumkan bahwa karyawannya akan bekerja dari rumah hingga tahun 2021.

“Saya harap ini akan menawarkan fleksibilitas yang Anda butuhkan untuk menyeimbangkan pekerjaan dengan menjaga diri Anda dan orang yang Anda cintai selama 12 bulan ke depan,” tulis CEO Google Sundar Pichai dalam memo kepada karyawan.

Salah satu pertimbangan menerbitkan aturan itu adalah akibat banyaknya penutupan tempat pengasuhan anak dan sekolah di tengah pandemi, membuat para karyawan yang telah menjadi orang tua sulit meninggalkan anak-anaknya. Selain itu, faktor menjaga kesehatan juga menjadi pertimbangan.

Berikut adalah perusahaan-perusahaan yang mengumumkan karyawan untuk WFH hingga setidaknya 2021:

Google

Universal Music Group

Warner Music Group

Sony Music

Amazon corporate

Viacom

Scotiabank

RBS (Royal Bank of Scotland)

Group Nine Media

Indeed

Perusahaan-perusahaan yang menerapkan WFH selamanya untuk karyawan mereka:

Facebook

Twitter

Square

Slack

Shopify

Zillow