Jadi Kaya Dari Tukang Sampah, Peria Ini Memiliki Perusahaan Senilai 4 Triliun

Menjadi kaya tentu bukan perkara mudah. Namun kekayaan itu bisa didapat dengan banyak cara, salah satunya kerja keras dan melihat peluang.
Seperti yang dibuktikan oleh seorang pria bernama Brian Scudamore. Dia adalah pendiri perusahaan pengangkut sampah di AS “1-800-GOT-JUNK”.

Tahun 1990an kala usianya baru menginjak 19 tahun, dia sedang mencari pekerjaan sampingan agar dapat membiayai pendidikannya.

Scudamore pun melihat sebuah truk pickup tua usang dengan papan iklan Mark’s Hauling, sebuah perusahaan pemulung.

“(Saat itu, saya berfikir) Saya bisa melakukan itu,” kata Scudamore, saat wawancara media AS tersebut dikutip Senin (3/8/2020).

Untuk memulainya, dia pun merogoh tabungannya sekitar US$ 1.000 untuk membuat layanan pengangkutan sampahnya, yang awalnya dia beri nama The Rubbish Boys.

“Saya menghabiskan US$ 700 untuk sebuah Ford F-100 tua dan sisanya untuk brosur dan kartu nama,” kata Scudamore.

Pada minggu pertama, Scudamore mengatakan dia sudah bisa balik modal, bahkan mendapat untung sekitar US$ 1,700 (Rp 25 juta) yang dia gunakan untuk biaya kuliahnya.

Dari situ bisnisnya terus berkembang. Ia kemudian melakukan rebranding bisnis.’

Melalui 1-800-GOT-JUNK?, ia mencapai US$ 1 juta dalam pendapatan tahunan pada tahun 1997. Di mana Scudamore mengatakan dia akhirnya menyadari betapa besar nilai bisnisnya.

Tahun itu pula, ia menyadari visi baru dari bisnisnya, termasuk memperluas 1-800-GOT-JUNK?.

Ia pun memperluas bisnis ke dalam 30 area metro teratas di Amerika Utara dan mencapai US$ 100 juta dalam pendapatan tahunan.

Untuk mencapai tujuan itu, Scudamore belajar dari McDonald’s untuk mencari inspirasi.

Scudamore menyukai gagasan bahwa McDonald’s menumbuhkan mereknya melalui usaha waralaba restoran memberi setiap pemilik waralaba dalam permainan,” katanya.

“Saya ingin melakukan hal yang sama dengan penghapusan sampah. Kami mengatakan kami akan menjadi FedEx pemindahan sampah dengan truk yang bersih dan mengkilap, pengemudi berseragam yang ramah,” papar dia.


“Saat itulah aku tahu bahwa model waralaba adalah model yang akan berkembang,” ucap dia.

“Ini semua tentang melihat orang-orang dalam bisnis menumbuhkan peluang dan menonton segala sesuatu menjadi lebih besar dan lebih baik,” katanya.

Saat ini, 1-800-GOT-JUNK? Ini merupakan bisnis mencapai US $ 300 juta atau Rp 4,4 triliun.

Perusahaan ini mengoperasikan waralaba pembuangan sampah di sekitar 160 lokasi di AS, Kanada, dan Australia di bawah payung “O2E Scudamore”. O2E Scudamore adalah induk perusahaan yang bergerak di pengecatan rumah, yang juga milik Scudamore.

Ia berujar saat memulai bisnis dirinya tidak pernah berharap untuk memiliki ide bisnis untuk mengubah hidup. Hanya saja, ia ingin memperoleh cara untuk mendapatkan uang tambahan.

“Apakah saya tahu hari itu bahwa ini akan menjadi sesuatu yang jauh lebih besar dari sekadar cara untuk membayar kuliah? Tidak,” tegasnya.

“Tetapi saya tahu bahwa jika saya memilih sesuatu dan saya berkomitmen dan terjebak dengannya, hasrat untuk membangun bisnis akan segera menyusul,” kata Scudamore lagi.